Buka Manasik Haji, Husler Berharap JCH Lutim Dapatkan Pelayanan Maksimal

Sinyaltajam.com.Lutim–Sebanyak 159 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Luwu Timur yang berasal dari 11 Kecamatan mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Rabu (26/06/2019).

Manasik Haji ini dihadiri Kabid Kaswad, Sartono, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Kepala Kemenag, Muhammad Nur Halik, Kadis PUPR, Sahrir Zain, dan Kabag Kesra, Asma sari.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler yang membuka secara resmi Bimbingan Manasik Haji tersebut mengatakan, untuk Jamaah Calon Haji Luwu Timur yang mendapat bimbingan dan latihan agar memahami ketentuan yang di syariatkan pada ibadah Haji agar dapat menjadi Haji yang Mabrur.

Pengetahuan dan wawasan tersebut, kata Husler, baik pengetahuan tentang ibadah Haji maupun bimbingan dalam perjalanan, sehingga diharapkan ibadah yang dilaksanakan sah, benar dan sempurna berdasarkan ketentuan syariat, serta tertib, aman dan lancar di perjalanan.

“Kegiatan Manasik seperti ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah Haji. Dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada para JCH yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah,” kata Husler saat membuka acara.

Dalam melaksanakan ibadah Haji, lanjutnya, kami berharap kepada semua JCH untuk memperhatikan lima tertib, yaitu tertib ibadah, tertib kesehatan, tertib makanan, tertib istirahat dan tertib barang.

Terakhir, Husler berharap JCH kita ini mendapat pelayanan maksimal. “Saya instruksikan agar jamaah Haji kita diberikan pelayanan terbaik,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag, Muhammad Nur Halik selaku staf penyelenggaraan Haji Kemenag Luwu Timur mengatakan, kegiatan manasik tingkat Kabupaten ini terbagi menjadi dua tingkat. Tingkat pertama sebanyak dua kali dan tingkat kedua sebanyak 8 kali dan dibagi menjadi 3 zona yaitu zona 1 Malili dan Angkona, zona 2 Towuti, Wasuponda dan Nuha dan zona ke 3 Burau, Wotu, Tomoni, Kalaena, Tomoni Timur dan Mangkutana.

“Nantinya JCH Kabupaten Luwu Timur akan masuk pada gelombang kedua dengan urutan kelompok terbang (Kloter) 37. “Jamaah kita nanti akan bergabung dengan JCH Makassar pada Kloter 37,” kata Nur halik.

“Tanggal 1 Agustus nanti, jamaah kita sudah masuk Asrama Haji Sudiang,” kunci Nur Halik. (ikp)

JANGAN LEWATKAN