Semarak Hari Bhakti Adhyaksa Ke 59 Tahun 2019 – Kejaksaan Negeri Luwu Timur

 

Sinyaltajam.co.Lutim–Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) diperingati setiap tanggal 22 Juli. Perlu diketahui bahwa Hari Bhakti Adhyaksa merupakan hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia. Sejarah berawal dari zaman Kerajaan Majapahit dimana kala itu Pemerintahan Majapahit sudah memiliki semacam sistem pengadilan dengan ‘Dhyaksa’ yang bertugas menangani masalah peradilan. Sebutan ‘Jaksa’ yang kita kenal selama ini memang berawal dari bahasa Sansekerta tersebut. Ada pun juga terdapat Adhyaksa atau Hakim Tertinggi yang memimpin dan mengawasi para Dhyaksa.

Kemudian pada zaman pendudukan Jepang, kejaksaan berperan sebagai satu-satunya lembaga penuntutan. Dasar hukumnya adalah Osamu Seirei No.3/1942, No.2/1944 dan No.49/1944. Nah, setelah kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 diiringin pula dengan pembentukan lembaga penegak hukum guna memastikan ketertiban umum. Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia tertuang pada Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945, diperjelas Peraturan Pemerintah (PP) No. 2/1945. Kala itu, Kejaksaan dibentuk dengan berada dalam lingkup Departemen Kehakiman. Sebagai Jaksa Agung Indonesia pertama, terpilih Gatot Taroenamihardja.5 tahun setelahnya, kejaksaan menjadi Departemen yang terpisah (mandiri) melalui rapat Kabinet 22 Juli 1960 yang tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI 1 Agustus 1960 No. 204/1960, yang kemudian disahkan menjadi UU. No. 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia.

Pada masa Orde Baru, UU tentang Kejaksaan berubah menjadi UU No.5/1991 dan diperbarui pada era Reformasi lewat UU No.16/2004 di mana kejaksaan disebut sebagai lembaga Pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain. Kini setiap tahunnya pada tanggal 22 Juli diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, pengabdian atau Bhakti yang dilakukan oleh insan Adhyaksa, yaitu para anggota Kejaksaan Republik Indonesia.

Tasyakuran Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Kejaksaan Negeri Luwu Timur tahun ini disemarakkan dengan berbagai kegiatan, antara lain Anjangsana (kegiatan Sosial Kemasyarakatan), Dialog Kebudayaan, Senam Massal bersama masyarakat dan Pemerintah, serta Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 Tahun 2019.

Selain itu, peringatan HBA ke 59 tahun 2019 pada Kejaksaan Negeri Luwu Timur Tahun ini, terdapat kegiatan yang cukup unik untuk masyarakat Luwu Timur, yaitu Pementasan/Pertunjukan Teater Eksklusif I La Galigo yang merupakan Budaya Tana Luwu, dimana seperti diketahui bersama, epos I La Galigo tersebut sangat erat kaitannya dengan julukan Bumi Batara Guru yang diberikan kepada Kabupaten Luwu Timur. Oleh karena itu, Pihak Kejari Luwu Timur berinisiatif untuk mengangkat epos I La Galigo dalam bentuk teater I La Galigo pada Bagian dari Peringatan HBA ke-59 Tahun 2019, sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

Yuk Mari ikuti dan ramaikan kegiatan-kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 Tahun 2019 di Kejaksaan Negeri Luwu Timur. (kejarilutim/ikp)

JANGAN LEWATKAN