Sudah Antri Lama,Ternyata Surat Rujukan Salah Nomor

 

Gowa Sinyaltajam.com–Seorang warga Desa Pannyangkalang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, berinisial HR, mengungkapkan kekecewaannya atas pelayanan kesehatan di Puskesmas Pa’bentengan terhadap dirinya .Kepada wartawan sinyal tajam.com, Selasa (20/08/2019) HR melalui suaminya, mengungkapkan kronologis kejadian, bahwa dirinya bermaksud berobat ke Puskesmas Pa’bentengan pada 19 Agustus 2019 untuk berobat, namun pihak puskesmas menyarankan agar melakukan kontrol sekaligus USG, di rumah sakit umum Syekh Yusuf Kallong Tala.

Saran tersebut dipenuhinya. Namun saat menunjukkan rujukan , pihak RSUD melalui ibu Ani, salah seorang petugas di RS tersebut sakit mengatakan bahwa bahwa rujukan tidak sesuai dengan penyakit pasien, karena yang tertera di rujukan adalah diagnosa abdomen (R10.0) yang menurut pihak rumah sakit adalah diagnosa untuk sakit perut biasa, bukan untuk kontrol kehamilan dalam istilah medisnya, obgyn.

Akibatnya, pasien dan keluarganya sangat kecewa, mengingat mereka telah menunggu antrian panjang dan lama di rumah sakit, namun setelah nomor antriannya dipanggil oleh perawat dan persilahkan masuk diruang periksa,ternyata surat rujukan salah nomor serta tidak sesuai dengan kartu KIS yang disodorkan pasien.

Atas perlakukan ini HR merasa pelayanan di Puskesmas Pa’bentengan dinilai buruk dan tidak konsistem ini, dan perlu di tindak lanjuti dan melakukan evaluasi.

Sementara Kepala Puskemas Imran Pa’bentengan,ketika dikonfirmasi melalui saluran telpon oleh keluarga pasien, bukannya mengecek kekeliruan yang dilakukan pihaknya, namun menjawab dengan nada curiga bahwa yang bersangkutan menggunakan kartu BPJS milik orang lain.
Hal ini sangat disayangkan oleh pihak keluarga pasien,dan minta kepada pihak puskesmas Puskesmas Pa’bentengan untuk tidak melakukan kesalahan selanjutnya. Karena sebuah kekeliruan atau kesalahan kecil, sangat fatal dampaknya bagi pasien. (Laporan : Arsyad Sijaya)

JANGAN LEWATKAN