Dandim 0735/Surakarta Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019

Sinyaltajam.com, Surakarta – Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf. Wiyata Sempana Aji, bertindak swbagai Inspektur Upacara dan Danramil 03/Serengan, Kapt. Inf. Tri Sakti, bertindak sebagai Dan Up pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, bertempat di Halaman Balaikota Surakarta Jl. Jend Soedirman No. 2 Kel. Kampung Baru Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta, Selasa (01/10/2019).

Peringatan yang mengusung tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju Dan Bahagia”, terselenggara atas kerjasama Pemkot Surakarta dengan Kodim 0735/Surakarta dengan Penanggung jawab kegiatan Kepala Kesbangpol Surakarta, Indradi, AP. SH. MM, yang dihadiri ± 600 orang.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Surakarta, Dr. Achmad Poernomo, M.Apt, Sekda Kota Surakarta, Ir. Ahyani, MA, Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo, S.Sos, Danlanud, Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian Damanik, Kasrem 074/Ska, Letkol Inf Yudi Purwanto, Denpom IV-4 Ska, Letkol Inf Gunawan Setihadi, SH, Kapolresta Surakarta, AKBP Andi Rifai, S.IK. MH, Danyon Brimob Den C Pelopor Polda Jateng, Kompol Ahmad Setiadi, S.IK, Ka Dishub Kota Surakarta, Drs. Hari Prihatno, MM, Kajari Kota Surakarta, Rini Hartatie, SH. MH, dan juga Legiun Kota Surakarta serta tamu undangan.

Adapun isi ikrar yang dibacakan oleh Inspektur Upacara bahwa, sejak diproklamasikan Kemerderkaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut, lanjutnya, dimungkinkan karena kelengahan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Menurutnya, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan ini merupakan wujud Penghormatan kepada Seluruh Pahlawan Revolusi dan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia. (redaksi)

JANGAN LEWATKAN