Posyandu Di Desa Jipang Gowa Sangat Memprihatinkan

Sinyaltajam.com, Gowa – Bangunan Pustu dan Posyandu yang berada di Dusun Alluka Desa Jipang Kecamatan Bontonompo Selatan, Kabupaten Gowa, nampak tidak terurus bangunannya yang sudah puluhan tahun perlu perhatian.

Bangunan tembok Pustu yang sudah kusam terkelupas, lantai tehel teras yang retak hancur, plapon bangunan Pustu yg bolong, hingga jelas nampak balok kayu yang ditinggali rayap dan atap seng yang bocor.

Nampak beberapa ruangan pada Bagunan Pustu , namun hanya 2 ruangan depan yang terpakai dengan fasilitas seperti lemari kayu, meja kayu dan bangku kayu panjang, untuk tempat duduk bidan, pasien dan beberapa kader kesehatan. ironisnya wc di Pustu ini juga sudah lama tidak bisa terpakai karna tidak ada sumber airnya.

Di konfirmasi di lokasi bangunan Pustu, salah satu kader kesehatan desa menjelaskan bahwa, keadaan ini sudah berlangsung lama. “Kondisi di Pustu ini sudah lama pak. Ini sepertinya sudah tidak layak pakemi, tapi mau diapa? di rehap tidak, bangunan lain juga tidak ada,” ungkap kader kesehatan yang tak ingin namanya disebutkan, Kamis (10/10/2019).

Diketahui, Pustu ini sebagai sentral kegiatan pelayanan untuk lima dusun di Desa Jipang, serta informasi sementara yang berhasil di kumpulkan media ini bahwa, lokasi bangunan Pustu adalah milik mantan kepala Desa Jipang, sudah diusulkan di Musrenbang Desa, untuk tahun 2020 mendatang di bangun bangunan baru samping kantor Desa.

“Lokasi bangunan Pustu itu milik mantan desa,” jelas salah satu anggota BPD Desa Jipang.

“Sudah diusulkan tahun 2020, Pustu di bangun dekat kantor desa,” tambahnya lagi.

Hingga berita ini di terbitkan, besar harapan kader kesehatan desa serta warga agar bisa menikmati kondisi bangunan yang lebih baik dan lebih layak.

Laporan : Faisal Muang

JANGAN LEWATKAN