Bupati Lutim Bangga Masyarakatnya Mampu Mengedepankan Kebersamaan dan Persatuan

Sinyaltajam.com, Lutim – Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler menghadiri rangkaian Upacara Karya Agung Memungkah Ngentek Linggih Makebat Daun Lan Mepeselang di Pura Dalem Penataran di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kalaena, Selasa (19/11/2019).

Kehadiran Bupati yang didampingi Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Parbudmudora), H. Hamris Darwis dan Camat Kalaena, Alimuddin Bakhtiar serta rombongan lainnya disambut hangat para Prajuru adat, Tokoh masyarakat dan Krama Desa Mekar Sari.

Mengawali kegiatan, I Nyoman Intaran selaku Ketua Panitia Karya menjelaskan, upacara ini menghabiskan dana kurang lebih sebesar Rp. 200 juta yang berasal dari urunan Pengamong Pura,

I Nyoman mengatakan, tujuan dari pelaksanaan upacara karya ini untuk menyucikan kembali sejumlah pelinggih yang baru selesai dibangun dan seluruh areal padmasana, sehingga ketentraman dan kerahayuan yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana tetap terjaga.

Disebutkannya bahwa, prosesi karya dimulai sejak tanggal 16 Oktober dan puncak karya akan berlangsung pada hari Sabtu (23/11/2019) dan seluruh rangkaian karya ditutup dengan prosesi Mamasar dan Mendem Pula Bagia Kerti.

“Puncak Karya akan digelar pada tanggal 23 November 2019 mendatang,” ucapnya.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammd Thoriq Husler dalam sambutannya saat itu mengatakan, upacara karya agung ini akan dapat meningkatkan dan mempererat rasa kekeluargan dan semangat bergotong-royong untuk menjaga keharmonisan alam. Selain itu, karya agung ini dapat memupuk etika dan keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam, manusia dengan manusia dan manausia dengan Tuhan.

Disamping itu, Bupati Husler juga sangat bangga terhadap apa yang dilakukan dan diperlihatkan oleh masyarakatnya, terutama mampu mengedepankan kebersamaan dan persatuan di dalam mewujudkan pembangunan dimasyarakat.

“Besar harapan saya agar masyarakat tetap menjaga persatuan dan kebersamaan yang dibarengi dengan semangat gotong-royong tersebut, guna mempercepat terwujudnya visi misi Kabupaten Luwu Timur yang selama ini didengung-dengungkan yakni menuju Kabupaten Terkemuka 2021,” ujar Husler.

Usai memberi sambutan, Bupati menyempatkan diri bertatap muka dan berbincang-bincang dengan para Krama dan selanjutnya didaulat untuk melaksanakan prosesi mendem pedagingan disalah satu pelinggih. (ikp)

JANGAN LEWATKAN