Ashabul Kahfi Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan Kepada Warga Makassar

SinyalTajam.com, Makassar -Keikutsertaan warga dalam rangka memahami 4 pilar kebangsaan dinilai sangat penting karena itu merupakan bagian masyarkat untuk turut andil dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Anggota Majelis Permusyarakatan Rakyat (MPR) RI, Drs. H. Ashabul Kahfi saaat membawakan materi pada Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Gedung Lamacca, Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Sabtu (23/11/2019).

“Pasca saya dilantik menjadi anggota MPR RI, ini adalah pertemuan pertama dengan masyarakat Sulsel secara resmi. Ini juga menjadi ajang sosialisasi pentingnya masyarakat menjaga sebuah negara, khususnya di Sulawesi Selatan,” paparnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, sangat penting dilaksanakan karena jika diabaikan bisa jadi kelompok masyarakat terpecah karena tidak memahami 4 pilar kebangsaan yang menjadi penyangga atau pondasi sebuah negara yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kahfi yang juga legislator DPR RI fraksi Partai Amanat Nasional ini menyebutkan, terkadang persoalan muncul berawal dari hal-hal kecil, tapi jika dibiarkan dapat menimbulkan dampak yang lebih besar.

“Jadi perlu kami tegaskan, hadirnya MPR yang konsisten menyosialisasikan 4 pilar kebangsaan yang digagas bapak Taufik Kiemas adalah sarana agar menanamkan dan menguatkan pilar berkebangsaan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia mencontohkan ada Isu yang beredar mengenai wanita diwajibkan bercadar, itu satu contoh isu yang tidak sesuai prinsip kebangsaan. Sebab tidak memiliki payung konstitusi, baik UUD, UU, Perpres, Permen, Pergub, maupun Perwali.

“Bila persoalan ini tidak disikapi dengan baik, makan tentunya dapat mengganggu kehidupan bertetangga, berbangsa dan bernegara,” bener Kahfi.

Hanya saja, perlakuan tersebut berbeda dengan Provinsi Aceh. Sebab daerah itu memiliki otonomi khusus, sehingga isu dan wacana perempuan bercadar ini tidak berlaku di Indonesia secara keseluruhan. (asa)

JANGAN LEWATKAN