DISKUSI BARENG WAKIL BUPATI LUWU TIMUR, KETUA KOPERASI (KAMU) PERKENALKAN PROGRAM KOPERASI

Sinyal Tajam WOTU Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam mengunjungi lokasi pembibitan kelapa sawit PSR Koperasi Agro Mandiri Utama (KAMU), di Wotu 23 Nop 2019.

Kunjungan orang nomor dua di Luwu Timur itu disambut oleh Segenap pengurus Koperasi KAMU di lokasi pembibitan Kecamatan Wotu.

Sambil diskusi ketua koperasi KAMU perkenalkan segenap pengurus serta program koperasi dihadapan wakil bupati Luwu Timur. Meski duduk bersila beralaskan terpal namun tidak mengurangi semangat diskusi mereka sore tadi.

“Sebelumnya kami minta maaf dan bersyukur bapak bisa datang mengunjungi tempat pembibitan kelapa sawit ini” ucap ketua koperasi Syamsul Bahry sambil memperkenalkan pengurus koperasi.

“Selain program peremajaan kelapa sawit di Luwu timur kami juga akan mengembangkan program jagung, padi, kakao, umbi Porang dan pabrik batang sawit” lanjut Syamsul.

“Teman-teman koperasi yang saat ini berada di pusat sementara melakukan penjejakan untuk program tanaman pertanian dan perkebunan, utamanya penerapan tekhnologi block chain yang bekerja sama dengan HARA” lanjutnya.

“Saat ini pengurus koperasi yang bekerja sebagai karyawan berjumlah 35 orang, semua pengurus mendapatkan gaji sesuai UMP yakni berkisar 3 juta rupiah per bulan. Mereka semua berasal dari latar belakang yang berbeda sehingga penempatannya disesuaikan dengan sumber dayanya masing-masing” tutup Syamsul.

Mendengar cerita yang di ungkapkan ketua koperasi, wakil bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam sangat mengapresiasi hadirnya sebuah Koperasi yang mampu membantu pemerintah daerah meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya di bidang pertanian.

” Kami sebagai pemerintah sangat bangga dan mengapresiasi kehadiran Koperasi Agro Mandiri Utama atau KAMU yang bergerak secara komperhensif di sektor pertanian dan perkebunan” ucap Irwan.

Irwan juga menyarankan agar semua program rencana kerja koperasi kedepan agar di buatkan konsep berbasis data.

“Untuk mencapai semua program itu tentu kami sebagai pemerintah membutuhkan data kongkrit dalam bentuk konsep, minimal dari semua program yang ada bisa di persentase kan secara terbuka” lanjut Irwan.

“InsyaAllah jika koperasi butuh bantuan untuk mengajukan programnya kepada Menteri Pertanian kami siap membantu” tuturnya dengan nada penuh semangat.

Untuk diketahui Lokasi pembibitan kelapa sawit Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) TH.2019 yang berlokasi di Kecamatan Wotu saat ini berjumlah 100 ribu bibit yang sudah di tancap di polibag.

Dalam waktu dekat Koperasi KAMU akan menambah 350 ribu bibit kecambah dari PPKS Medan, sehingga total jumlah bibit berkisar 450 ribu bibit sawit.

Selain pembibitan di Wotu, koperasi KAMU juga sudah memiliki pembibitan di desa Kalpataru yang berjumlah 28 ribu bibit sawit yang saat ini sudah berusia hampir 5 bulan.

Selain di Sulawesi Selatan Koperasi KAMU juga menangkar bibit PPKS Medan di Sulawesi Barat tepatnya di Kecamatan Pasang Kayu berkisar 23 ribu bibit yang usianya saat ini sudah mencapai lebih dari satu tahun.

(***)

JANGAN LEWATKAN