Efisiensi Anggaran, Usulan Dana Pilkada Bulukumba Hanya Dipatok Rp39 Miliar

SinyalTajam.com, Bulukumba – Rencana anggaran perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang yang sebelumnya diajukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba kepada eksekutif mengalami penurunan. Pengajuan anggaran yang sebelumnya diangka Rp41 miliar, turun menjadi Rp39 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Bulukumba H. Patudangi Asiz, di Gedung DPRD setempat, Jumat (6/12/2019). Dia mengungkapkan anggaran awal pilkada di angka Rp41 miliar. Tetapi setelah ada efisiensi dan evaluasi kemudian diturunkan dua digit atau Rp39 miliar.

“Besaran anggaran pilkada itu diperkirakan sudah final. Sebab DPRD hanya akan merealisasikan Rp39 Miliar untuk anggaran tahapan dan proses pilkada, dari usulan penyelenggara sebelumnya Rp41 miliar,” jelasnya.

Menurut politisi Gerindra ini, dari Rp39 miliar besaran anggaran yang akan digunakan pada proses dan tahapan pilkada tersebut, sebanyak Rp27 miliar digunakan KPUD, selebihnya akan dikelola Bawaslu dan anggaran kemananan.

Sebenarnya, lanjut Patudangi, KPU Bulukumba pernah mengajukan permintaan tambahan anggaran sebesar Rp14 miliar yang di usulkan ke DPRD. Namun permintaan tersebut ditolak dengan alasan keterbatasan anggaran daerah.

Disebutkan, besaran yang telah dialokasikan kepada penyelenggara itu diproyeksikan hingga tujuh pasangan calon (paslon) Bupati dan wakil Bupati Bulukumba. Namun bisa saja paslon yang mendaftar dibawah tujuh atau diperkirakan hanya empat sampai lima paslon.

“Jika paslon yang mendaftar tidak cukup 7 paket atau hanya sampai 5 paslon cabup dan cawabup maka kelebihan anggaran yang digunakan akan dikembalikan ke kas daerah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, jika melihat postur yang ada di DPRD dengan jumlah legislator sebanyak 40 orang, maka diperkirakan paslon cabup dan cawabup lima paket dengan asumsi syarat untuk menjadi paslon harus mengantongi 8 kursi.

Kemudian bila terdapat tambahan paslon dari jalur independen atau perseorangan, maka paslon hanya berjumlah 6 paket. Sehingga dengan begitu terdapat kelebihan anggaran yang mesti dikembalikan. (asa)

JANGAN LEWATKAN