Pengunjung dan masyakarat Wotu minta Dinas Pariwisata Kab.Lutim untuk memperhatikan Wisata Pangka- Pangka

Sinyal Tajam, Wotu — Wisata Banua Pangka- Pangka yang berada di Desa Bawalipu, Kecamatan Wotu, Semakin tidak terurus, hampir semua ornamen- ornamen mengalami kerusakan parah.

” Sayang sekali wisata pangka-pangka Banua Wotu ini tidak terurus, padahal wisata ini dulunya begitu menawan dan asri akan eksotis pemandangan yang asri,” ucap Risal pengunjung asal Lambara Harapan Kec. Burau kepada Sinyal Tajam 5/12/2019.

Kondisinya sangat memperhatikan , kayu jembatannya mulai rapuh dan ini sangat berbahaya bagi pengunjung,   adapun bagian bangunan sudah mulai roboh. Dimana dulunya fasilitas dan ornamen yang keren seperti pada tulisan yang indah di jadikan Selfi sudah mulai memudar.

Lanjut juga menyampaikan bahwa wisata ini, seharusnya ada perhatian pemerintah daerah,    karena ini merupakan aset wisata yang penuh dengan sejarah.

” Tidak ada masalah jika pengunjung di mintai pembayaran atau distribusi untuk memasuki wilayah kawasan wisata pangka- pangka ini,asalkan untuk pemeliharaan untuk tetap menjaga pelestariannya,” Tambahnya.

Sementara salah satu pemuda asal Bawalipu akko menambahkan bahwa kami berharap kepada pemerintah Kab. Luwu Timur,  dalam hal ini Dinas Pariwisata untuk membantu kami pemuda di wotu ini, dalam hal pengembangan wisata yang berkelanjutan.

” Karena jika ini di perhatikan pemerintah setempat bisa menjadi berbuah manis pada sektor industri pariwisata,yang melibatkan masyarakat setempat sendiri dalam peran aktif ekonomi kreatif di bidang pariwisata,” ucap akko pemuda wotu.

Kami mau berbuat banyak untuk memperhatikan kondisi wisata ini, namun kami terkendala di sisi biaya pemeliharaan yang begitu membutuhkan bukan modal ribuan namun bisa jadi jutawan rupiah.

Jadi harapan kami sebagai masyarakat setempat di bawalipu, pemerintah daerah untuk menegaskan dinas terkait untuk ada sedikit perhatian membantu masyarakat untuk memikirkan wisata pangka- pangka ini, tandasnya ( Rahman)

JANGAN LEWATKAN