LSM Lacak Adakan Bimtek, Undang 328 Desa sekabupaten Bone, Yang Datang enam ?

Sinyal Tajam Bone–LSM ( Lebaga Swadaya Masyarakat ) Lacak, mengadakan kegiatan bimbingan teknik aparat Desa se Kabupaten Bone dengan tema ”Bertekad jadikan Kabupaten Bone bebas korupsi Dana Desa” Pakta Integritas hari anti korupsi bersama aparat Desa Se Kabupaten Bone. jumat/06/12/2019.

Kegiatan yang berlangsung di Helios Hotel jalan langsat, No 88 kota Watampone kab Bone Sulawesi Selatan direncakan berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 6 sampai 8 Desember 2019 secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD ( Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ), A Arsya SH,M.Si Kabupaten Bone, jumat (6/12/2019).

Kegiatan turut dihadiri Kapolres Bone yang di wakili Wakapolres Bone Kompol Samsuddin Palulu, Kasat Reskrim Iptu. Muhammad Fahrun, pembina LSM Lacak Andi Muh Dachal, serta sejumlah Anggota LSM Lacak, dari berbagai kabupaten dan provinsi.

Diketahui sebanyak 328 Desa di Kababupaten Bone Namun sangat disayangkan, dimana hari pertama kegiatan bimtek tersebut hanya di hadiri oleh dua orang kepala Desa dan empat aparat Desa dari ratusan Desa se Kabupaten Bone.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD), Kabupaten Bone A. Arsyad melontarkan permohonan maaf, kegiatan bimtek tersebut tidak seperti yang diharapkan.

“kebetulan ada kegiatan Apdesi Kabupaten Bone bekerja sama dengan Apdesi Sulawesi Selatan di Claro hari ini, kebetulan juga itulah yang menyebabkan sehingga kepala Desa kurang datang. Jadi mohon maaf yang dari Kabupaten lain” jelas A. Arsyad.

Kendati demikian, Wakapolres Bone Kompol Samsuddin Palulu meluapkan kekecewaan lantaran kegiatan bimtek ini endingnya untuk aparat Desa, namun nyatanya yang hadir hanya satu kepala desa dan beberapa perangkat desa.

“Berarti kalau saya bicara, pak fahrun bicara disini, pak kadis juga bicara tidak nyambung. Yang kita akan sampaikan ini kepada perangkat desa atau kepala Desa berkaitan apa yang di sampaikan pak kadis tadi, Tidak nyambung. kita sudah bicara, sampaikan, tapi orangnya tidak ada. Jadi sama ” Terangnya Wakapolres Bone, Kompol Samsuddin Palulu.

Hal senada juga di lontarkan oleh Kasat Reskrim Polres Bone Iptu Muhammad Fahrun mengaku sangat kecewa lantaran apa yang diharapnya tidak sesuai kenyataan.

“hari inipun sebenarnya saya sangat kecewa banget, yang kita banyangkan bahwa saya akan berhadapan Kepala Desa, berhadapan aparat Desa, dan paralegal.untuk apa?, Ending dari bimtek ini untuk mereka. Bapak – bapak ini (Lacak) tidak perlu di bimtek nih, jadi percuma kita ngomong tentang bantuan hukum, paralegal, orang – orangnya gak ada. Mau diapain? Cetus Iptu. Muhammad Fahrun

Ketua umum LSM Lacak saat di komfirmasi menjelaskan bahwa undangannya sudah beredar keseluruh di kabupaten Bone dan yang bisa hadir cuma dua kepala desa dan beberapa aparat desa, dan Diapun merasa kecewa karna ternyata kegiatan yang dilaksanakan LSM Lacak hari ini bertepatan dengan kegiatan Apdesi Di makassar. Jelasnya ke awak media

Masih di tempat yang sama dibtambahkan Ketua panitia Bimtek A. Batara Sunra berharap kepada ketua Apdesi agar lebih mengapresiasi seluruh perangkat Desa bahkan aparat Desa untuk senangtiasa mengikuti pelaksanaan bimtek dengan tujuan agar perangkat Desa lebih mahir mendalami hal-hal yang telah diatur dalam peraturan pemerintah tentang Desa.

Karena dalam hal ini yang menjadi jebakan bagi mereka, ada kesalahan sedikit jadi temuan akhirnya terproses. Terang Anggota DPP Lacak A. Batara Sunra laporan ( Faisal Muang ).

JANGAN LEWATKAN