Selama 2019, Program Kampung KB di Bantaeng Mampu Rubah Pola Pikir Masyarakat Lebih Positif

SinyalTajam.com, Bantaeng – Lewat program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, menggelar pertemuan kelompok kerja (pokja) Kampung Keluarga Berencana (KB), Senin (9/12/2019). Ini dilakukan sebagai upaya memperkuat program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga berkualitas.

Kegiatan pokja kampung KB ini merupakan sesi terkahir di tahun 2019 yang diikuti sekitar 30 peserta dari unsur pengurus pokja Kampung KB Desa Pa’bumbungan dan penyuluh KB se kecamatan Eremerasa. Sebelumnya sudah dilaksanakan 11 kali pertemuan pokja kampung KB.

Kegiatan ini di pusatkan di Desa Pa’bumbungan dengan menghadirkan empat narasumber dari berbagai lembaga yakni, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kependudukan dan Catata Sipil, Koaliasi Perempuan serta Jurnali Online Indonesia (Join) Bantaeng.

Kepala Bidang Bidang KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Sahruddin Dg Rido, S.Sos,.MM, mengatakan kegiatan itu sebagai upaya memperkuat program KB dalam rangka menuju keluarga kecil berkualitas.

“Kegiatan ini sebagai wujud kesungguhan dan komitmen kuat untuk mensukseskan agenda pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pembangunan kependudukan dan KB. Selain itu sebagai upaya menjabarkan secara teknis arah kebijakan dan strategi program KB,” jelas Ridho.

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan peran aktif stakeholder dan mitra kerja. Sebab dengan kemitraan yang solid program akan lebih mudah dicapai jika kerja sama dilakukan secara intensif melalui intervensi lintas sektor.

Dia berharap lewat kampung KB dapat meningkatkan komitmen dan koordinasi mitra kerja di berbagai tingkatan terhadap keterpaduan program DPPKB dan pembangunan sektor lainnya di Kampung KB dalam mewujudkan SDM dan keluarga berkualitas.

Sementara Sekretaris Desa Pa’bumbungan Muh Sukri, menyampaikan rencana kegiatan pokja bersinergi dengan karang taruna dan PKK Desa direncanakan digelar pada 21 Desember mendatang.

“Intinya semua unsur yang terlibat dalam program kampung KB termasuk peserta agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di desa Pa’bumbungan,” kata Sukri.

Begitu juga dengan Ketua Pokja Kampung KB Desa Pa’bumbungan, Sulfiana, sangat berharap terhadap Pemerintah Kabupaten khususnya DPPKB Bantaeng dapat semakin aktif memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat.

“Terus terang lewat program kampung KB, warga desa sudah mulai merasakan perubahan yang baik terutama perubahan pola pikir. Begitu juga dalam organisasi kepemudaan dan PKK di Desa Juga semakin menunjukkan komitmennya dalam berkarya untuk desa,” tutur Sulfiana. (asa)

JANGAN LEWATKAN