Ilham Azikin Didaulat Jadi Narasumber, Bantaeng Dapat Kado Ultah ke 765 Dari Kemenkumham

SinyalTajam.com, Bantaeng – Selama tiga kali berturut -turut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) mulai 2017, 2018 serta 2019. Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly pada acara Peringatan Hari HAM sedunia ke-71, Selasa (10/12/2019).

Penyerahan Anugerah ini dilaksanakan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung. Kegiatan ini juga dihadiri menteri koordinator politik hukum dan HaM prof Mahmud MD, Gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Jawa Timur serta seluruh jajaran kementrian hukum dan HAM.

Menurut Kabag Hukum Setda Bantaeng, Muhammad Rivai Nur, SH, MSi, penghargaan ini kali ini menjasi spesial bagi daerah ini karena menjadi kado jari jadi Bantaeng ke 765. Dan yang lebih membahagiakan karena penghargaan ini diterima Bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin langsung dari menteri Hukum dan HAM.

“Atas predikat ini kami menghaturkan terima kasih kepada Kemenkumham dan anugerah ini merupakan kali ketiga. Ini juga merupakan hasil kerja cerdas semua pihak. Terkhusus Bupati Bantaeng yang kerap memberikan dorongan dan motivasi untuk berinovasi sehingga ini bisa diraih,” ungkap Kabag Hukum.

Dikatakan, predikat ini dapat diraih kembali berkat adanya 3 inovasi yang tercipta di Kabupaten Bantaeng seperti inovasi sijempol BSB, terminal darah dan klinik konsultasi bantuan Hukum nonlitigasi.

Menariknya, sehari sebelumnya, Senin (9/12/2019) malam dan menjadi sesuatu yang istimewa karena pada ajang penganugerahan ini, Bupati Bantaeng didaulat menjadi narasumber bersama tujuh bupati dan walikota di Indonesia karena mampu berinovasi dan menjadi yang terbaik.

Mereka diantaranya adalah, Kotamadya Bandung, Kabupaten Binjai, Morotai dan Bantaeng. Bupati Ilham Azikin yang menjadi pembicara pertama menyampaikan terkait pemberian penghargaan yang diterima sejumlah daerah karena dinilai berhasil sebagai kabupaten yang peduli terhadap HAM.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sate Bandung dihadiri Gubernur Jawa Barat, Pangdam Siliwangi Dirjen HAM serta seluruh muspida di Jawa Barat.

Saat tampil sebagai narasumber, Bupati lebih banyak menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan terkait tiga inovasi yang dihasil sejumlah OPD terkait sijempol BSB, terminal darah dan klinik konsultasi bantuan Hukum nonlitigasi. (asa)

JANGAN LEWATKAN