Dianggarkan Rp616 Juta Lebih, Kesbangpol Verifikasi 7 Parpol Penerima Bantuan

SinyalTajam.com, Bantaeng – Dari Sembilan partai politik (Parpol) yang berhasil meraih kursi di DPRD Bantaeng pada Pileg lalu, Tujuh parpol diantaranya sedang dalam proses verifikasi administrasi untuk menerima kucuran bantuan keuangan dari pemerintah setempat yang jumlahnya mencapai Rp616,7 juta lebih.

Bantuan parpol sebesar itu sudah dianggarkan pada APBD Bantaeng 2019. Anggaran tersebut akan diberikan setiap tahun kepada partai hingga periode lima tahun berakhir. Untuk bantuan tahun 2020, pihak Kesbangpol Bantaeng masih melakukan penghtungan.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantaeng, Faisal mengatakan, bantuan dana itu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2014.

Dana yang diterima partai diperuntukkan kegiatan dan operasional partai politik, khususnya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kader-kader partai.

“Namun untuk tahun 2019 ini kami juga masih memverifikasi bantuan untuk PKPI karena masih memperoleh hak pada periode 2014-2019. Saat itu PKPI berhasil mendudukkan 2 kadernya di DPRD Bantaeng,” terang Faisal, Rabu (11/12/2019).

Pada periode ini, parpol peraih suara terbanyak di Bantaeng adalah PPP. Ini berarti PPP bakal kebagian duit lebih banyak dari delapan partai seperti PAN, PKS, PKB, Gerindra, Nasdem, Demokrat, Golkar dan Hanura.

Dikatakan, untuk menghitung bantuan yang diterima parpol didasarkan pada aturan, rasio penerima rumusnya dari jumlah kursi yang diperoleh di DPRD.

“Terkait pengajuan pencairan pengurus partai harus memasukkan proposal permohonan ditujukan ke bupati disertai lampiran dan SK Pengurus masih berlaku. Kemudian hasil permohonan itu dilanjutkan ke tim verifikasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, roposal permohonan pencairan dana akan di verifikasi oleh tim dan pejabat berkompoten lainnya. Setelah pencairan, dana itu digunakan sesuai nomenklaturnya. Selanjutnya parpol harus mamasukan kembali laporan Pertanggungjawaban. (asa)

JANGAN LEWATKAN