Luar Biasa ! Lutim Borong 3 Penghargaan Pada Lomba Desa Kelurahan Tingkat Sulsel

Sinyaltajam.com, Lutim – Kabupaten Luwu Timur mengukir prestasi pada ajang lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, dengan menyabet tiga penghargaan sekaligus, masing-masing Juara I Lomba Desa yang diraih oleh Desa Sorowako, Juara II Lomba Kelurahan yang diraih oleh Kelurahan Magani, Juara I hasil lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) atas nama Sarno yang menciptakan inovasi Patikprot (Alat Pangkas, Petik dan Semprot).

Atas prestasi tersebut, Kepala Desa Sorowako, Jihadin Peruge berhak mendapatkan Piala Bergilir Gubernur, dan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, piala tetap, piagam penghargaan, dan dana stimulan pembangunan sebesar Rp. 1 Miliar. Sedangkan Lurah Magani, Ishak Nyonri mendapatkan Piala tetap, piagam penghargaan dan dana pembangunan sebesar Rp. 750 Juta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah disaksikan sejumlah kepala daerah se – Sulsel dan unsur Forkopimda Sulsel pada Ajang Lomba Desa dan Kelurahan, Lomba Teknologi Tepat Guna, Bumdes Bereprestasi dan Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar, Rabu (11/12/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Sulsel, Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan, pengumuman lomba ini ditetapkan setelah sebelumnya dilaksanakan penilaian lomba tingkat provinsi berlangsung pada 04 April hingga 10 Juli lalu yang diikuti 14 kabupaten/kota, pesertanya terdiri dari 11 desa dan 5 kelurahan.

“Penilaiannya dilakukan dengan mengacu kepada data perkembangan dua tahun terakhir serta hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di Desa dan Kelurahan yang menjadi wakil dari masing-masing Kabupaten,” kata Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengucapkan selamat kepada pemenang Lomba Desa/Kelurahan serta pemenang lomba yang telah meraih penghargaan, dan berharap prestasinya tetap dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

“Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk motivasi agar prestasinya tetap dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Apalagi desa dan kelurahan ini merupakan motor pendorong perekonomian,” ujar Gubernur.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler yang mendampingi saat penyerahan penghargaan mengaku bangga atas keberhasilan Desa Sorowako dan Kelurahan Magani membawa nama baik Luwu Timur di tingkat Provinsi.

“Keberhasilan menjadi juara I dan Juara II dapat dijadikan pemacu dan motivasi untuk bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Bupati.

Selain Kades Sorowako dan Lurah Magani, Sarno yang merupakan utusan Kabupaten Luwu Timur yang mendapat penghargaan serupa, berhasil menjadi Juara I hasil lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) atas prestasinya menciptakan inovasi Patikprot (Alat Pangkas, Petik dan Semprot).

Secara khusus, Gubernur juga menyerahkan Piagam penghargaan kepada Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler sebagai kepala daerah yang melakukan pembinaan terhadap motivator Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam rangka pengembangan dan penerapan TTG Lomba TTG Tingkat Tahun 2019.

Turut hadir mendampingi Bupati pada acara penyerahan penghargaan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Halsen, Plt. Kepala Bapelitbangda, H. Budiman dan Camat Nuha, Masdin. (ikp)

JANGAN LEWATKAN