GEMPABUMI TEKTONIK M = 4.7 MENGGUNCANG BAHODOPI DAN KALEROANG (KAB. MOROWALI) PROPINSI SULAWESI TENGAH, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Sinyal tajam com -Hari Jumat, 20 Desember 2019 pukul 22:34 WITA, wilayah Bahodopi dan Kaleroang (Kab. Morowali), Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.95 LS – 122.37 BT atau tepatnya berlokasi di Teluk Tolo, 12 km arah utara Kaleroang (Kab. Morowali), Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

● Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

● Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan II MMI di Bahodopi; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

● Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Palu, 20 Desember 2019
Kepala Stasiun Geofisika Palu

TTD

Cahyo Nugroho, SE, S.Si
NIP. 197508051998031001

JANGAN LEWATKAN