Modus Dunia Maya, Terjerat Di Dunia Nyata..!!!

LUTRA SINYAL TAJAM-pada hari Senin tanggal 23 Desember 2019 sekitar pukul 02.00 Wita bertempat di Dusun Malangke IV Desa Pincepute Kec. Malangke Kab. Luwu Utara,

Sat Reskrim Polres Luwu Utara yg terdiri dari Unit Resmob dan Unit Tipidter melaksanakan pengembangan dan berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku penipuan melalui media elektronik, dengan inisial tersangka (M.RH) 21 Thn, Agama Islam, Pekerjaan Tani, Alamat Dusun Kambisa Desa Baku-Baku Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Ungkap… AIPDA IKHSAN, Kanit Idik 1 Sat Reskrim Polres Luwu Utara.

Kejadian tsb terjadi pd Tanggal 07 Oktober 2019 yg dilaporkan oleh Sdr. SUPARMAN, dengan kerugian sebesar Rp.2.750.000,- (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah.

Berdasarkan Keterangan Tersangka (SG) alias TASRUM yang telah diamankan sebelumnya bahwa ia melalukan perbuatan penipuan melalui media elektronik bersama-sama dengan Tersangka (M.RH) sehingga Unit Tipidter berkoordinasi dengan Unit Resmob, lalu melakukan penyelidikan dan setelah didapatkan informasi bahwa Tersangka (M. RH) berada di rumah orang tuanya di Dusun. Malangke IV Desa Pincepute Kecamatan Malangke Kab. Luwu Utara maka personil langsung melakukan penangkapan dan saat diinterogasi maka yang bersangkutan mengakui telah melakukan penipuan dengan cara menjual handphone fiktif di medsos Facebook bersama-sama dengan Tersangka (SG) yg saat itu korban tergiur dan mentransfer uang kepada Tersangka sebanyak Rp. 2.750.000,- (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu) melalui Rek Bank BNI, namun mereka tidak mengirimkan handphone yang dimaksud.
Setelah itu Tersangka (M.RH) dan Barang Bukti/BB berupa :
1 (satu) unit HP samsung lipat berwarna biru,
Dibawa ke mako Polres Luwu Utara untuk proses selanjutnya.

Hasil keuntungan dari penipuan tersebut dengan total Rp. 2.750.000 (dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) mereka bagi:
Tersangka (SG) mendapatkan Rp. 2.250.000 (dua juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)
Sementara
Tersangka (M.RH) mendapatkan Rp. 400.000 (empat ratus ribu rupiah)
Lalu Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) disisakan menjadi saldo dalam Rek Mandiri yg mereka gunakan.

(SG) dan (M. RH) disangkakan Perkara Tindak Pidana Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik atau Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang Maupun menghapuskan piutang diancam karena Penipuan, sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 45 A ayat (1) Jo. Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang informasi dan Transaksi Elektronik Subsider Pasal 378 KUH Pidana.

HERMAN

JANGAN LEWATKAN