Sugiono Babinsa Desa Semawung Kab. Boyolali Sang Pelopor Petani

Boyolali, Sinyaltajam.com- Peran aktif seorang Babinsa sebagai penggerak warga di wilayah desa binaannya, merupakan satu kewajiban mutlak. Dalam situasi bagaimanapun, Babinsa menjadi sang Pelopor masyarakat dimana saja bertugas.

Seperti kiprah Sertu Sugiono
Babinsa Semawung Koramil 15 Andong Kodim 0724 Kab. Boyolali, bersama para Petani di Desa Binaannya (Desa Semawung), Sugiono tidak hanya bertugas menjaga Kamtibmas, namun juga menjadi Pelopor dalam Karya Bhakti pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) yang dibuat di Dusun Turunan.

Jalan usaha tani tersebut, meski hanya sepanjang 550 meter, lebar 1 meter, tetapi dinilai penting, sebab merupakan akses jalan yang sangat dibutuhkan para petani di Desa Semawung, karena menghubungkan areal lahan persawahan di Dusun Turunan.

Infrastruktur jalan yang dananya bersumber dari bantuan Gubernur tahun anggaran 2019 tersebut, adalah akses jalan yang mempermudah petani dalam menjangkau lahan persawahannya, terlebih lagi saat musim panen.

“Pada saat musim panen tiba petani selalu terkendala oleh jalan. Sering kali petani harus bersusah payah melalui jalan yang kurang layak dalam mengangkat hasil panen, begitu pula sebaliknya saat bercocok tanam.” ujar Sugiono pada Sinyaltajam, Sabtu, (25/01/2020).

Apalagi jika musim hujan seperti saat ini, lanjut Sugiono, jalan menjadi becek dan digenangi air sehingga diperlukan JUT seperti ini, jika JUT ini tidak segera dibuat, bisa jadi mempengaruhi proses produksi maupun distribusinya.

Menurutnya, karya bhakti ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat. Olehnya kata Sugiono, sebagai pelopor masyarakat, Babinsa harus memberi tauladan dan terus penyemangati masyarakat, bahkan turut bekerja membangun Jalan Usaha Tani.

Ditemui terpisah Danramil 15 Andong Kodim 0724 Boyolali, Kapten Inf Budianto, mengatakan
Kegiatan kerja bhakti bersama petani tersebut selain dalam rangka mensukseskan program Upsus Swasembada Pangan, Babinsa juga menanamkan nilai kepedulian, dan nilai kegotong-royongan di masyarakat.

“Inilah salah satu contoh, Babinsa sebagai Prajurit TNI dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Kegiatan ini juga salah satu bentuk Dharma Bhakti Koramil dalam melaksanakan tugas Binter di wilayah Koramil untuk membantu masyarakat” papar Kapten Inf. Budianto. (Agus Kemplu)

JANGAN LEWATKAN