Monitoring & Evaluasi Kegiatan BPD Thn 2019 Selesai Diadakan di 2 Kecamatan

Towuti, Sinyaltajam.com- Rapat monitoring dan evaluasi berbagai kegiatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sepanjang tahun 2019 selesai dilaksanakan.

Kegiatan pada hari Senin (27/01/2020) Rapat monitoring dan evaluasi dilaksanakan di Gedung Serba Guna Towuti dan dihadiri Ketua dan Anggota BPD se Kecamatan Towuti.

Keesokan harinya, Selasa, (28/01/2020), kegiatan yang sama dilaksanakan di Aula kantor Camat Nuha. Hal sama yang mana dihadiri oleh para Ketua dan anggota BPD se Kecamatan Nuha.

Pada dua kegiatan tersebut, Tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab. Lutim diwakili Kabid Kelembagaan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Basondeng Abbas S.Sos, Ibu Fitriani Ismail SH, serta staff dan didampingi oleh staff kecamatan.

Basondeng Abbas dalam arahannya mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh anggota BPD.

Selain itu Basondeng juga mengingatkan peran BPD yang dijalankan saat ini, adalah merevisi dan memonitoring secara langsung kebijakan yang hendak dibuat oleh pemeruntah desa.

“Peran BPD yang terpenting saat ini adalah merevisi dan memonitoring secara langsung kebijakan yang hendak dibuat dengan kata lain BPD benar-benar menempatkan diri sebagaimana yang sudah diatur dalam undang-undang yaitu, mengawasi semua kebijakan yang dikeluarkan dengan harapan bahwa kebijakan tersebut benar benar dijalankan oleh aparatur desa sebagai pelaksana kebijakan itu sendiri.” jelas Basondeng.

Lanjut Basondeng, apabila kebijakan yang diambil tidak sesuai yang diharapkan dan kurang maksimal maka kebijakan tersebut di evaluasi sehingga dalam proses pembuatan kebijakan yang baru tidak lagi mengalami hal seperti sebelumnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengambilan foto untuk ID Card anggota BPD periode 2019 – 2025 sekaligus pemilihan ketua forum BPD Kecamatan yang dilaksanakan oleh Forum BPD Kabupaten.

Pemilihan ketua forum dipimpin langsung oleh H. Haeruddin Hasan selaku ketua umum Forum BPD Kabupaten Luwu Timur. Dan hasil pemilihan ketua forum BPD kecamatan yakni, Kec. Towuti Yusuf, dan ketua forum BPD di Kec. Nuha, yang terpilih sebagai ketua yakni Idham. (Ilham)

JANGAN LEWATKAN