Tingkatkan Kapasitas Produksi, PDAM Gowa Segera Bangun IPA 100 Liter/detik

SinyalTajam.com, Gowa- Guna meningkatkan layanan air bersih bagi konsumen PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, segera menambah kapasitas produksi dengan membangun Instalasi Produksi Air (IPA) Bersih di Borongloe dengan kapasitas produksi 100 liter/detik.

Rencana tersebut diungkapkan Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang, Hasanuddin Kamal. Dia mengatakan distribusi air bersih untuk wilayah perkotaan dataran rendah, minus sembilan liter per detik sesuai survei.

Kondisi ini menyulitkan PDAM Tirta Jeneberang untuk melakukan perluasan jaringan dan peningkatan cakupan pelayanan. Sedangkan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp16 miliar.

“Kami alami penurunan produksi dan pelayanan tidak optimal. Termasuk layanan perumahan dan rumah penduduk juga terbatas untuk dilayani,” ungkap Hasanuddin, Sabtu (7/2/2020).

Sebagai solusi dari masalah ini, lanjutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan IPA tersebut yang akan melayani distribusi air untuk wilayah Bontomarannu, Pattallassang, Pallangga, Barombong dan Somba Opu.

Dikatakan, dengan terbangunnya IPA yang air bakunya bersumber dari waduk Bili-Bili, maka diperkirakan akan dilakukan penyambungan jaringan pelanggan baru hingga 10 ribu sambungan.

Saat ini, jumlah pelanggan PDAM mencapai 40 ribu sambungan yang tersebar mulai dari Malakaji sampai Malino. PDAM Gowa juga berharap pembangunan IPA Regional 1000 liter per detik yang akan dibangun pemprov Sulsel dapat segera terwujud.

“Karena disitu PDAM Tirta Jeneberang  dapat porsi 200 liter per detik. Kami juga sangat berharap semua pihak mendukung agar pembangunan IPA di Borongloe ini terwujud dalam waktu dekat,” harap Hasanuddin.

Hasanuddin menambahkan, terkait rencana pembangunan IPA tersebut, pihak Kejaksaan telah melakukan audiens ke Kementerian PUPR tentang mekanisme dan regulasi sebelum mengeluarkan pendapat hukum terhadap peraturan direksi yang menjadi dasar dari pembangunan proyek IPA 100 liter per detik itu. (sit/asa)

JANGAN LEWATKAN