Tingkatkan Kualitas Auditor, Inspektorat Bantaeng Gelar PKS

SinyalTajam.com, Bantaeng – Inspektorat Daerah Kabupaten Bantaeng menggelar Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat setempat, Jumat (21/2/2020). Nara sumber kegiatan ini menghadirkan para pengendali teknis di internal Inspektorat Bantaeng.

Kegiatan yang dibuka Kepala Inspektorat Bantaeng, Muhammad Rivai Nur, SH, M.Si, dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM bagi auditor di lingkup Inspektorat Bantaeng.

Menurut dia, pelatihan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas personal sehingga ke depan para auditor mampu memberikan pengawasan ataupun pendampingan bagi seluruh perangkat daerah.

“Pelatihan ini bertujuan menambah pengetahuan atau wawasan teman-teman auditor dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Karena kedepan semakin banyak tantangan yang mesti dihadapi auditor khususnya masalah konstruksi,” jelasnya.

Dikatakan, tuntutan terhadap asas dan prinsip terkait soal konstruksi termasuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, merupakan konsekuensi logis dari proses pembangunan yang sedapat mungkin dapat menghindari praktek tidak terpuji

Implikasi dari tuntutan itu salah satunya adalah mengharuskan lembaga pemerintah khususnya di daerah agar mampu mengelola pembangunan infrastruktur secara hati-hati dan bertanggung jawab.

“Kegiatan Ini merupakan keberlanjutan program yang dilaksanakan sebelumnya. Sekaligus menjadi ruang edukasi guna menambah bekal ilmu dan wawasan para auditor agar lebih jeli dan cermat dalam melaksanakan tugasnya,” kata mantan Kabag Hukum ini.

Proses pembangunan infrastruktur atau jasa konstruksi merupakan suatu kegiatan yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi untuk memungkinkan terjadinya ketidakefisienan dan ketidakefektian serta potensi adanya penyelewengan atau kecurangan.

“Makanya seorang auditor dalam melaksanakan tugasnya terutama pada item kegiatan jasa konstruksi, dituntut untuk memahami secara mendalam mengenai aktivitas atau kegiatan yang diauditnya. Diperlukan kecermatan dan ketelitian saat memeriksa,” tandas Rivai. (asa)

JANGAN LEWATKAN