Polres Lutim Ungkap Pencurian Kabel Tembaga PT Vale Bernilai Puluhan Juta

SinyalTajam.com, Lutim – Kapolres Luwu Timur AKBP Indratmoko mengatakan komplotan pelaku pencurian kabel tembaga milik PT Vale Indonesia sesuai laporan polisi tanggal 14 Januari 2020 berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Lutim.

Kapolres menjelaskan pencurian terjadi pada Minggu (12/01/20) di area tambang milik PT Vale. Pelaku yang berjumlah 3 orang yakni Asri alias Bapak Aeni (36) warga Rusunawa desa Surowako kecamatan Nuha Lutim, Kalama alias Bapak alias Bapak Fina (43) warga jalan F.Krakatau Kelurahan Magani Kecamatan Nuha dan Emil Salim alias Anggeng (26), warga jalan Pongkia desa Nikkel kecamatan Nuha Lutim.

” Tersangka yang kita amankan sebanyak 3 orang, yakni Asri alias Bapak Aeni bersama Kalama alias Bapak Fina dan Emil Salim alias Anggeng ,dimana kedua pelaku merupakan Security di PT HSU, dan saat ini diamankan di Mapolres Lutim beserta barang bukti,” ujarnya.

Menurut Kapolres, modus para pelaku melakukan pencurian dengan jalan memanjat pagar kawat lalu mengambil kabel yang telah dipotong-potong, kemudian para tersangka ini menjual potongan kabel tembaga ke pengepul besi tua dan hasil penjualan kabel curian digunakan para pelaku untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Barang bukti yang diamankan yakni potongan kabel tembaga seberat 373 KG,uang tunai sebanyak Rp 3.340.000 (Tiga Juta Tiga Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah), 1 buah ponsel, 1 unit sepeda motor serta Gergaji, Parang dan Cutter yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya,” jelas perwira melati dua ini.

Dia menambahkan, ketiga tersangka pencurian kabel tembaga milik PT Vale Indonesia itu dijerat dengan Pasal 363KUHPidana dengan ancaman kurungan 9 Tahun. (wal)

JANGAN LEWATKAN