Jelang Pilkada, Polres Lutim Simulasi Sistem Pengamanan Kota

LUTIM ,sinyaltajam.com – Kepolisian Resor (Polres) Luwu Timur melakukan apel gelar pasukan dan simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dalam rangka menghadapi kontijensi konflik sosial pada pelaksanaan Pemilukada 2020 di wilayah hukum Polres Luwu Timur.

” Kegiatan simulasi ini merupakan suatu bentuk konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah langkah Koordinasi lintas sektoral. Selain itu untuk menyesuaikan potensi gangguan keamanan yang akan muncul dimasa Pilkada nanti,” kata Kapolres Lutim AKBP Indratmoko, Senin (09/03).

Adapun adegan dalam latihan gladi bersih pengamanan Sispamkota sebagai berikut :
Adegan pertama : dilakukan oleh tim Dalmas awal yang dipimpin oleh Kasat Binmqs AKP Muh Idris menghalau massa yang akan masuk kekantor KPU dan melakukan negosisasi terhadap massa namun massa semakin beringas dan bertambah banyak sehingga Tim Dalmas awal mundur.

Adegan kedua : setelah Tim Dalmas awal tidak mampu menghalau massa maka Peleton Dalmas lanjutan yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Joddi Titalepta selaku Danki mendorong massa untuk menjauh dari kantor KPU

Adegan ketiga : Dilakukan oleh Tim Jatanras Polres Lutim dan pengawal Komisioner KPU yang dipimpin oleh Kasat Reskrim IPTU Eli Kendek untuk dilakukan evakuasi terhadap komisioner KPU keluar dari kantor KPU dengan pengawalan anggota bersenjata lengkap.

Adegan keempat : massa yang semakin anarkis dan melempari Tim Dalmas lanjutan sehingga diturunkan tim Raimas SPA yang dipimpin oleh Kanit reskrim Polsek Malili IPDA Amar Wijaya , menghimbau kepada pendemo agar tidak melakukan aksi yang melanggar hukum namun massa melempari Tim Raimas sehingga dilakukan tembakan gas air mata terhadap pemdemo dan akhirnya massa mundur.

Adegan Kelima : massa kembali turun dengan melakukan penjarahan terhadap toko dan swalayan serta SPBU yang telah dijaga oleh anggota TNI dan Satpol PP namun tak bisa dihalau sehingga tim Raimas SPA dipimpin Olileh Kanitres Malili IPDA Amar Wijaya, diterjunkan untuk mengamankan massa dengan memberi peringatan namun massa tidak mengindahkan perintah tersebut sehinggal dilakukan tembakan gas air mata namun massa tetap bertahan serta melakukan perlawanan sehingga Dantim Raimas SPA memerintahkan kepada anggota Raimas untuk menggunakan senjata api dan melakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali namun massa tetap bertahan dan melawan petugas sehingga dilakukan penembakan sasaran dan melukai seorang yang melakukan penjarahan.

Adegan keenam : setelah seorang yang melakukan penjarahan terhadap toko dan swalayan yang terkena tembakan tim Medis dari Poliklinik Polres Lutim dipimpin oleh Paur Dokkes Damiati, SKM dipimpin oleh Kasubag Pers AKP Moh Fadil, S. pd datang untuk melakukan evakuasi terhadap Korban dan membawa kerumah sakit untuk dilakukan pengobatan.

Adegan ketujuh: Setelah situasi sudah mulai aman dan kondusif tim dari Binmas Polres Lutim melakukan patroli dan memberi himbauan terhadap masyarakat.

” Mari kita dukung bersama sama Pemilu dengan aman,sejuk,damai dan kondusif. Sehingga tidak terjadi bentrokan yang akan menimbulkan konflik di masyarakat,” pungkas Indratmoko.

(hms)

JANGAN LEWATKAN