Tingkatkan Layanan, Puskesmas Mahalona Butuh Dukungan Sarana Prasarana Laboratorium

LUTIM,sinyaltajam.com – Ragam cara terus di upayakan Kepala Puskesmas Mahalona dalam rangka memberikan layanan optimal terhadap masyarakat. Hal itu dikemukakan Kepala Puskesmas Mahalona, Hardian Waly S.Kep, NS, kepada sinyaltajam.com di kantornya, Kamis (12/03/2020).

“Kami terus mendorong seluruh Tenaga Medis dan Non Medis untuk fokus meningkatkan layanan yang menjadi prioritas kami, ” ujar Hardian.

Guna meningkatkan capaian agar layanan terhadap pasien dapat merata, diperlukan kerja keras agar pencapaian dapat maksimal. Dengan begitu berbagai persoalan kesehatan dapat terlayani dengan baik.

Menurut dia, sesungguhnya sebagai pusat layanan kesehatan di Desa Mahalona membutuhkan beberapa sarana dan prasarana penunjang untuk lebih mengoptimalkan layanan seperti sarana dan prasana penunjang.

“Terutama kebutuhan Laboratorium beserta alat penunjang serta tenaga, laboraturium. Termasul ruang dan sarana prasarana laboraturium sangat kami butuhkan sebagai alat pemeriksaan darah dan urin,” jelas Hardian yang bertugas sejak 2008 lalu di Mahalona.

Dikatakan, penyakit yang selalu mengalami tren peningkatan di desa tersebut yakni Inpeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang kerap terjadi ketika masuk musim kemarau. Karena banyak debu yang menyelimuti desa Mahalona.

“Kalau hujan ISPA tidak terlalu dirasakan warga, tapi kalau kemarau debu dapat melayang bebas di desa ini. Sehingga tingkat penyakit ISPA cukup tinggi,” beber Hardian yang menjabat Kepala Puskesmas Mahalona pada September 2017.

(tim)

JANGAN LEWATKAN