Tahun 2020, Peningkatan Infrastruktur Jalan Jembatan di Lutim Terealisasi Rp 75 Miliar

LUTIM,sinyaltajam.com – Program pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi salah satu prioritas utama yang akan dilaksanakan Pemkab Luwu Timur tahun anggaran 2020 ini. Hanya saja semua program perbaikan jalan harus melalui usulan di Musrenbang.

Hal itu diutarakan Abd. Gaffar ST, Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Lutim. Menurut dia, Musrenbang merupakan amanat UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah. “Jadi kegiatan musrenbang merupakan forum musyawarah tahunan multi pihak dan terbuka bagi pemangku kepentingan,” ujarnya kepada sinyaltajam.com

Dikatakan, jika merujuk pada SK Bupati Lutim tahun 2016, kebutuhan infrastruktur jalan di Lutim mencapai 1.889, 273 kilo meter. Namun infrastruktur jalan tersebut merupakan kebutuhan jangka panjang.

Sedangkan untuk tahun 2020 ini, Pemkab Lutim telah menganggarkan peningkatan jalan dan jembatan sebesar Rp 101 Miliar dan yang terealisasi adalah, untuk peningkatan jalan senilai Rp 70 Miliar dan pembuatan jembatan sebesar Rp 5 Miliar.

“Peningkatan jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten yakni jalan kolektor dan antar desa. Pemkab Lutim memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan di daerah ini untuk menumbuhkan perekonomian warga,” papar Abd. Gaffar, di kantornya belum lama ini.

Lewat Infrastruktur jalan yang sudah memadai, maka dipastikan investor pasti ingin membuka usaha di kabupaten yang semakin lama setiap tahunnya mengalami perkembangan cukup pesat.

Namun pemkab tetap mengutamakan pembangunan pro rakyat agar manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur di daerah Batara Guru ini terus meningkat tiap tahunnya. Ini bertujuan, selain untuk memperlancar arus barang dan jasa, juga membuka keterisolasian daerah,” ujarnya.

Intinya, imbuh dia, pembangunan prasarana jalan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan warga serta terwujudnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang mantap.

(tim)

JANGAN LEWATKAN