Aksi Kemanusiaan Legislator Lutim, Demi Cegah Covid-19 Rela Anggaran Kegiatan Dipangkas Rp1,9 M

LUTIM, sinyaltajam.com – Beragam cara dilakukan Pemerintah dalam penanggulangan virus Corona alias Covid-19, termasuk upaya penyiapan anggaran sebagai langkah penanganan virus.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Lutim dengan memangkas anggaran dari berbagai jenis kegiatan yang melekat di seluruh anggota DPRD setempat.

Menurut Sekertaris DPRD Luwu Timur, Rafiuddin, setelah dilakukan komunikasi dan koordinasi dengan para Legislator, mereka setuju anggaran beberapa jenis kegiatannya dipangkas hingga 10 persen.

“Dari hasil kesepakatan 30 anggota DPRD, kami mampu melakukan efisiensi anggaran hingga mencapai Rp1,9 miliar,” ungkap Sekwan kepada wartawan, Senin (23/3/2020) di kantornya.

Dijelaskan, efisiensi anggaran tersebut diperoleh melalui sejumlah item kegiatan Legislator yang dinilai dapat diminimalisir termasuk kegiatan yang melibatkan banyak orang sehingga sangat dimungkinkan tidak dilaksanakan.

Beberapa kegiatan tersebut lanjut Rafiuddin, seperti Bimbingan Teknis (Bimtek), Reses, Perjalanan Dinas, dan beberapa agenda tapat yang akan dilaksanakan DPRD Lutim.

“Jadi intinya efisiensi anggaran DPRD senilai Rp1,9 miliar itu diambil dari pemotongan setiap kegiatan legislator sebesar 10 persen,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Luwu Timur, H. Usman Sadik, mengakui adanya efesiensi anggaran di lembaga dewan. Pemangkasan anggaran tersebut diambil lewat beberapa kegiatan anggota dewan. Hasil pangkasan itu diperuntukkan bagi penyiapan anggaran Covid-19.

“Jadi ini bagian dari sisi kemanusia dan kepedulian seluruh legislator di daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini. Tentunya dalam upaya penyiapan dan penanggulangn anggaran virus Corona,” pungkasnya.

(mrd)

JANGAN LEWATKAN