Cegah Kian Merebaknya Covid-19, Pengadilan Negeri Lutim Sidang Dengan Metode Teleconference

Malili, Sinyaltajam.com– Berperan serta dalam tindakan pencegahan sebaran Covid-19, Pengadilan Negeri Lutim lakukan teleconference dalam melaksanakan sidang.

Formatnya, Hakim Ketua dan Hakim Anggota serta Panitera tetap bersidang di ruang sidang Pengadilan Negeri, dan Terdakwa tetap berada di Rutan tempatnya ditahan. Begitupun dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang juga tetap berada di ruang kantor Kejaksaan Negeri Lutim.

Sementara komunikasi antara Hakim, Jaksa dan Terdakwa, hanya melalui teleconference sambungan telepon video yang menggunakan layar infocus sebagai medianya.

Hal tersebut (teleconference-red) meski dinilai kurang efektif tetapi sangat tepat guna menghindari adanya pshical distance (jarak pisik) yang memungkinkan terjadi sentuhan.

“Ini karena kondisi kita sekarang yang harus mengatur jarak masing-masing terkait merebaknya Coronavirus, kadang komunikasi jadi terbatasi dan jadinya tidak efektif. Sebab biasanya masih banyak pertanyaan yang bisa disampaikan, namun karena keterbatasan maka sidang dengan teleconference kemudian harus diselesaikan.” ujar Ketua Pengadilan Negeri Lutim Khaerul, SH.MH, saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (01/04/2020).

Meski demikian pada sidang-sidang berikutnya menurut Khaerul, akan tetap dilaksanakan dengan metode teleconference.

“Memang masih banyak kendala, namun agenda sidang-sidang selanjutnya tetap dilaksanakan dengan teleconference seperti itu.” kata Khaerul. (mar/mal)

JANGAN LEWATKAN