Sepakat Pilkada Serentak di Tunda, Seperti Ini Alasan Paslon Kacamatayyamo

BULUKUMBA,sinyaltajam.com – Kandidat pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau mendukung keputusan pemerintah pusat perihal penundaan pelaksanaan Pilkada serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada September tahun 2020 mendatang.

Tomy Satria mengatakan, pengalihan anggaran untuk percepatan penanganan pendemi Covid-19 atau Virus Corona adalah kebijakan yang tepat. Menurut Tomy tak ada yang jauh lebih penting di atas kepentingan seluruh masyarakat.

“Pada dasarnya kita sangat sepakat dengan kebijakan pemerintah pusat untuk menunda pelaksanaan Pilkada serentak, demi untuk pengalihan anggaran penanganan Covid-19,” kata Tomy Satria, Kamis (2/4/2020).

Dia melanjutkan, di tengah wabah Corona Virus, sudah sepantasnya sejenak melupakan politik kekuasaan, dan mendorong politik kemanusiaan.

“Kita bersama partai koalisi mendorong politik Rahmatalilalamin. Sejenak meninggalkan politik kekuasaan, dan sama-sama mendukung upaya-upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Meski begitu, komunikasi Tomy-Makassau dengan partai pengusung tetap jalan. Dia menegaskan bahwa kesepakatan dengan partai politik dalam menatap Pilkada tidak ada yang berubah.

Dukungan TSY-Makassau perihal penundaan pelaksanaan Pilkada juga mendapat sokongan dari partai pengusung. Tiga Parpol pengusung TSY-Makassau, yakni PKB, PDI Perjuangan dan PBB kompak menerima keputusan pemerintah.

“Penundaan ini dilakukan karena ingin menyelamatkan Indonesia, menyelamatkan rakyat. Maka tak ada alasan untuk tidak kita dukung,” ungkapnya.

Terpisah Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Asri mengatakan bahwa pihaknya sepakat dengan sikap TSY-Makkasau mendukung langkah pemerintah pusat terkait penundaan Pilkada. Asri mengatakan, politik kemanusiaan harus didahulukan ditengah bencana Covid-19.

“Tak hanya sekedar mendukung langkah pemerintah mengalihkan anggaran Pilkada untuk perecepatan penanganan Covid-19, tapi kami juga sepakat untuk terlibat melakukan hal-hal yang bisa memutus rantai penyebaran Covid-19, sekecil apapun bentuk kegiatan itu,” ungkapnya.

Untuk diketahui pasangan Tomy Satria-Andi Makkasau adalah satu-satunya bakal pasangan calon kepala daerah yang memenuhi tahapan kandidasi, yakni menentukan pasangan calon dan mencukupkan ambang batas koalisi partai pengusung. Di beberapa hasil survei, Tomy Satria juga merupakan figur yang unggul dibanding kandidat lainnya.

(tim/red1)

JANGAN LEWATKAN