Cegah Corona, Forkominca Bulukumpa Ajak Jamaah Tabligh eks Ijtima Gowa Rapid Tes

MAKASSAR,sinyaltajam– Forkominca Bulukumpa bersama dengan Satgas Covid-19  Bulukumba kembali bertugas, bertempat di kompleks pesantren Darul Mukhlasin Desa Balangpesoang, Senin (27/04) sore.

Satgas Covid-19 Bulukumba yang dipimpin Asisten I Andi Buyung Saputra melakukan pemeriksaan terhadap 4 orang ODP (Orang Dalam Pengawasan) Jamaah Tabligh yang diketahui pernah mengikuti Ijtima Ulama se Asean di Gowa pada 19 Maret 2020 silam,dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Bulukumba.

Hadir dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan 4 orang Jamaah Tabligh tersebut Camat Bulukumpa Drs.Salman Patongai, Kapolsek Bulukumpa AKP Budiawan, Kepala Puskesmas Tanete H.Muh.Dahlan ,Kades Balangpesoang Herman, personil Polsek Bulukumpa dan personil Koramil 1411-02 Tanete.

Kaposek Bulukumpa AKP Budiawan mengapresiasi para jamaah tabligh yang meminta di lakukan pemeriksaan kesehatan di ponpes Darul Mukhlasin yang lokasinya cukup representatif.

” Selalu Kapolsek bersama Camat dan Danramil juga Kepala Puskesmas, kami apresiasi inisiatif saudara kita Jamaah Tabligh yang diperiksa oleh Satgas Covid-19 Kabupaten di tempat yang sangat representatif ini, tidak membuat resah warga sekitar dimana lokasi cukup jauh dari permukiman warga, Alhamdulillah untuk pemeriksaan awal hasilnya normal,” ucap AKP Budiawan.

Budiawan mengakui Jamaah Tabligh ini sadar akan kesehatan dan keselamatan orang disekitarnya ,” Coba kita lihat di beberapa tempat, adanya jamaah yang di cek kesehatannya membuat warga sekitar menjadi was-was , dan itu yang terkadang membuat keresahan di masyarakat padahal jemaah yang diperiksa ini tidak selamanya PDP Corona, ada tahapan yang mesti kita nantikan hasilnya,” katanya.

Sementara itu, Camat Bulukumpa Muh.Salman mengatakan pada dasarnya kondisi kesehatan jamaah tabligh ini normal, namun untuk lebih memastikan tidak terpapar dengan Corona, pihaknya bersama Kapolsek dan Kepala Puskesmas tetap melaksanakan Protocol Kesehatan serta himbauan Bupati.

“Untuk pencegah yang efektif masyarakat wajib mentaati himbauan dari pemerintah kalau ada warga yang baru pulang dari perantauan serta jamaah tabligh yang pernah mengikuti kegiatan Ijtima Ulama itu wajib diperiksa kesehatannya dan mengisolasi diri selama 14 hari dan pihak keluarga untuk tidak menutupi atau menghalangi, Alhamdulillah Jamaah Tabligh Bulukumpa taat dan sadar akan pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” kata Camat Salman.

Selain 4 jamaah tabligh yang dilakukan Rapid Tes dan cek suhu tubuh yakni Ustadz NM, Ustadz HM, Ustadz R dan Ustadz AL, juga ikut diperiksa seorang jemaah tabligh asal desa Kambuno yang baru tiba dari kota Malang Jatim, Ustadz MA bersama istri dan 2 putranya..

” Alhamdulillah, jamaah yang kita periksa suhu tubuh normal, adapun hasil Swab Tes dan Rapid Tes masih akan kita tunggu dalam 1-2 Minggu kedepan, kita harapkan kecamatan Bulukumpa adalah zona hijau dan kita senantiasa bersama dalam kondisi sehat dengan senantiasa menjaga pola hidup bersih,” ujar H.Dahlan selaku Kepala Puskesmas Tanete.

JANGAN LEWATKAN