Polres Mulai Endus Program Sawit Rakyat, Segera Gelar Perkara Usai Pengecekan Lokasi Bersama Distan

Lutim,Sinyaltajam.com – Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Luwu Timur, tampaknya mulai melakukan pengumpulan Bahan dan keterangan terkait Program Sawit Rakyat (PSR) yang menggunakan dana hibah Kementerian Pertanian yang anggarannya disebut-sebut hingga miliaran rupiah.

Upaya yang dilakukan Polres tersebut dikemukakan Kasat Reskrim Polres Luwu Timur, Iptu Elly Kendek. Menurut dia, pihaknya masih melakukan serangkaian pengumpulan baket sebelum nantinya statusnya di tingkatkan pada tahap dimulainya penyelidikan.

“Terkait masalah program sawit rakyat ini, sebenarnya sudah cukup lama kami lakukan penelusuran dan pengumpulan bahan dan keterangan. Apalagi ini menyangkut nasib petani yang perlu mendapat perhatian serius,” ungkap Kasat Reskrim kepada wartawan di Mapolres Lutim, Selasa (19/5/2020).

Dikatakan, terkait laporan lembaga Koperasi selaku pengelola program tersebut sudah cukup lama diendus oleh penyidik. Hanya saja masih ada beberapa hal yang mesti dilengkapi sebelum akhirnya kasus ini ditingkatkan statusnya.

Jika tidak ada halangan, lanjut Kasat, pihaknya bersama Dinas Pertanian (Distan) akan melakukan pengecekan sejumlah lokasi yang dijadikan areal perkebunan peremajaan program sawit rakyat. Ini dilakukan untuk memastikan dugaan terjadinya tindak pidana dalam program tersebut.

“Kami rencana melakukan peninjauan sejumlah lokasi bersama Dinas Pertanian. Setelah pengecekan lokasi di lapangan, selanjutnya segera dilakukan gelar perkara. Jadi kita lihat saja nanti bagaimana kesimpulan dari hasil gelar perkara terkait status program sawit rakyat ini,” tandas Kasat Reskrim. (Tim)

JANGAN LEWATKAN