Petani Se Mahalona Raya Masih Butuh Tambahan Combine

Towuti, Sinyaltajam.com-Bantuan Combine dari PT. Vale Indonesia Tbk, ke petani se Mahalona Raya yang diserahkan saat HUT Mahalona Raya tahun lalu dirasa sangat bermanfaat dan disyukuri oleh para petani.

Seperti yang dijelaskan oleh salah satu petani, Bahtiar yang mengelola Combine (doser alat panen) tersebut.

”Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan tiga unit Combine ini dari PT Vale. Dengan adanya alat ini sangat membantu para petani. Hanya saja masih terkadang kami kewalahan dengan kurangnya alat, mengingat banyaknya lahan sawah di lima desa Mahalona Raya yang harus dilayani secara cepat,” ujar Bahtiar kepada Sinyaltajam.com, Senin, (25/05/2020).

Bantuan alat panen Combine tersebut dimanfaatkan oleh seluruh petani se Mahalona Raya, oleh karena itu Combine yang hanya 3 unit, tidak mampu melayani seluruh kebutuhan para petani.

”Tapi kita syukuri walaupun hanya 3 unit dan seandainya tidak ada Combine bantuan PT.Vale, mungkin saja para petani panen manual menggunakan arit karena di musim Corona alat doser pemotong padi dari luar gak ada yang datang, sementara luasan sawah yang harus di panen sangat luas, sehingga diperlukan tambahan Combine lagi,” kata Bahtiar.

Olehnya, lanjut Bahtiar, masih dibutuhkan tambahan Combine lagi, agar masyarakat petani yang ada di Mahalona Raya bisa memanen hasil sawahnya tepat waktu.

Sejak PT. Vale menyerahkan ke BKAD lalu BKAD serahkan ke Bumdesma untuk dikelola pada tgl 9/10/2019, alat tersebut dioperasikan oleh Bumdesma sudah menghasilkan satu unit mobil tronton.

”Selama diserahkan ke kami sudah menghasilkan satu unit mobil tronton bekas yang digunakan angkut alat doser Combine saat musim panen, dan bantuan ini juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, kami hanya beharap semoga aja ada tambahan dari PT. Vale dan pemerintah daerah Kabupaten Luwu Timur,” pungkasnya. (Tim)

JANGAN LEWATKAN