Sah Berbadan Hukum, Humas Koperasi KAMU Minta Polemik Disudahi Demi Meningkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

Lutim, Sinyaltajam.com – Setelah cukup berpolemik dan dipertanyakan banyak pihak terkait legalitas badan hukum Koperasi Agro Mandiri Utama (KAMU) selaku pengelola lahan petani lewat Program Sawit Rakyat di Luwu Timur, kini terjawab sudah.

Bendahara Koperasi yang mewakili Ketua Koperai KAMU, Jufri, menyerahkan langsung berkas Badan Hukum (BH) tersebut ke Dinas Koperindag Kabupaten Luwu Timur dan diterima, Rahmat di Bidang Koperasi Dinas Koperindag, Kamis (25/6/ 2020).

Menurut Jufri, setelah KAMU mengantongi legalitas Badan Hukum Koperasi, maka secara otomatis menyudahi polemik di masyarakat. Meskipun sesungguhnya upaya untuk memperoleh legalitas itu masih dalam proses saat itu.

“Jadi kami sudah menyerahkan pengesahan Badan Hukum Koperasi KAMU dari Kemenhukumham ke Dinas Koperindag Lutim. Dengan begitu, KSU Agro Mandiri Utama sudah sah berbadan hukum,” jelas Jufri.

Senada, Humas Koperasi KAMU Muhammad Alwan SH menyatakan, sesunggunya badan hukum koperasi sudah lama diurus oleh notaris yang ditunjuk KAMU yakni H. Zirmayanto SH, termasuk akte pendirian koperasi.

Hanya saja, lanjutnya, prosesnya terkendala dengan adanya peralihan sistem kepengurusan berkas dan administrasi dari Kementrian Koperasi ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Dengan terbitnya Badan Hukum Koperasi KAMU, kami berharap tidak perlu lagi ada keraguan dengan keberadaan Koperasi Agro Mandiri Utama. Bahkan tidak ada lagi oknum yang memprovoksi di masyarakat selaku penerima manfaat dari program PSR di Lutim,” pinta Alwan.

Dia juga berharap agar berbagai pihak dapat bersama membangun kemitraan dan bersinergi secara baik agar setiap program diusulkan dan dilaksanakan dari Kementerian Pertanian, dapat benar-benar dirasakan manfaatnya demi peningkatan kesejahteraan petani. (md/st/*)

JANGAN LEWATKAN