Tingkatkan Perekonomian Warga, Bupati Sinjai Resmikan Pasar Rakyat Bonto Tengnga

SINJAI,sinyaltajam.com – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai Andi Nurhilda Daramata Seto meresmikan pasar rakyat di Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong, Rabu (25/2l6/2020).

Tampak hadir mendampingi rombongan Bupati diantaranya Ketua DPRD Sinjai, Ketua Pengadilan Agama, Kapolres ,Dandim 1424 Sinjai serta forum Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sinjai.

Dalam sambutannya, Seto Asapa menyampaikan, ” Meski pasar rakyat ini pasar tradisional, manajemen pasar kedepannya perlu memperhatikan aspek kebersihan,keamanan dan kenyamanan lingkungan sehingga terlebih di tengah pandemi Covid-19. Penataan pasar juga diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal sehingga setara dengan pasar modern,” ujarnya.

Bupati berharap masyarakat Bonto Tengnga bisa merasakan manfaat pasar yang dibangun dengan dana APBN yang dikelola Disperindag Kabupaten Sinjai tersebut dalam jangka panjang. Rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi baik bagi pedagang maupun pembeli diharapkan juga bisa lebih ditingkatkan.

Kepada pengelola pasar rakyat Bonto Tengnga,Seto Asapa meminta agar dalam pengelolaannya benar benar memperhatikan aspek pendayagunaan dan pemeliharaannya. Kedepannya pasar diharapkan mampu mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara lebih baik.

“Inovasi-inovasi baru bagi pengembangan pasar untuk bisa dijalankan. Dengan adanya inovasi,selain berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat juga menjadi bagian dari upaya pemenuhan hak-hak masyarakat akan layanan publik yang berkualitas,” harap Seto Asapa.

Sementara itu, Kepala Desa Bonto Tengnga Kaswan Mahmud menyampaikan pembangunan pasar yang berlokasi di Dusun Maccini itu dikerjakan sejak September hingga Desember 2019 lalu menggunakan anggaran APBN sebesar Rp 3,8 Milyar yang menempati lokasi seluas 512 M² itu diatas lahan hibah dari salah satu warga Bonto Tengnga.

“Alhamdulillah, pembangunan pasar telah selesai 100 persen, dengan jumlah 8 kios ,98 los , Mushalla dan ATM Center, dimana kedepan kami selaku Pemerintah Desa mengharapkan kehadiran pasar ke 5 di Kecamatan Sinjai Borong ini akan menjadi salah satu jantung perekonomian baru dan akan kami maksimalkan juga untuk hasil pertanian dimana warga akan lebih mudah memasarkan hasil pertanian di pasar Bonto Tengnga ini,” ucap Kaswan.

Kaswan menambahkan pihak pengelola pasar akan memprioritaskan pedagang lokal dari Bonto Tengnga untuk menempati los los yang telah tersedia dengan tetap memenuhi persyaratan termasuk ijin usaha dari Dinas terkait.

” Kehadiran pasar di desa ini, kami harapkan akan ada potensi yang bisa dikembangkan. Adanya pasar sebagai sarana lebih lanjut. Kami juga berharap ke depan UMKM desa Bonto Tengnga bisa meningkat dengan adanya pasar. Begitu pun adanya pasar bisa menggerakan perputaran uang di desa,” tandasnya.

JANGAN LEWATKAN