Selain Peremajaan Sawit, KAMU Juga Produksi Pupuk Organik

LuwuTimur, Sinyaltajam.com – Masyarakat Kabupaten Luwu Timur khususnya para petani sawit baiknya harus tahu. Selain Koperasi Agro Mandiri Utama (KAMU) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan sebagai wadah/Lembaga Pengusul Peremajaan Kelapa Sawit dalam Program PSR di Bumi Batara Guru,. KAMU kini memiliki terebosan baru yakni mengembangkan usaha pupuk organik dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada.

Dijelaskan Ketua Koperasi KAMU Syamsul Bahri melalui Kepala Produksi Pupuk Organik KAMU Arman menjelaskan Usaha produksi pupuk organik yang dikelolah KAMU memiliki material pengolahan mentah dari Kohe Sapi (Kotoran Sapi).

“Pupuk yang kami olah ini bahan dasarnya dari Kohe Sapi. Pengolahan yang digagas Tim Pengusul ini sebagai bentuk kepedulian KAMU terhadap kebutuhan pupuk petani di Luwu Timur,”urainya. Sabtu, 11 Juli 2020.

Produksi ini digarap, Mengingat sulitnya para petani mendapatkan pupuk non organik yang menjadi kebutuhan pokok dunia pertanian saat ini.

“Ide kreatif yang dilakukan karena melihat ketersediaan pupuk khususnya di Lutim sangat sulit untuk didapatkan. Dan kerap menjadi keluhan para petani,”tambahnya.

Sementara, Narling selaku PPL di Kecamatan Tomoni mengakui keberadaan pupuk organik kompos yang di produksi Koperasi KAMU.

“Awal mula produksi pupuk organik jenis kompos ini kami berikan masukan ke pengurus koperasi, mereka semua sangat merespon baik dan akhirnya di coba untuk dikembangkan. Namun tetap kami bina sebagai penyuluh pertanian agar komposisi dalam pupuk tersebut sesuai takarannya sebagaimana petunjuk tekhnis yang pernah kami pelajari,” ucap Narling.

Alhasil, sekitar 3 bulan Produksi pupuk organik KAMU membuahkan hasil yang memuaskan. (Hms)

JANGAN LEWATKAN