Pantau kinerja Bawaslu dan KPU, Relawan Netral Luwu Timur Terbentuk

Lutim, Sinyaltajam.com–Untuk memaksimalkan dan memastikan Kinerja penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sudah memasuki tahapan, apakah berjalan sesuai koridor ataupun aturan yang berlaku sesuai perundang-undangan, komunitas pemerhati Pilkada Damai yang terdiri dari sejumlah pemuda dan tokoh membentuk wadah yang dinamakan Relawan Netral Luwu Timur (Wanlut) , Kamis 16 Juli 2020 Wanlut akan mengadakan pertemuan di Luwu Timur (tempat belum diputuskan) dan dihadiri oleh sejumlah pengurus untuk menyusun strategi kerja.

Ketua Wanlut Yamin Iksan SH melalui relitsnya yang diterima media ini menyatakan bahwa, terbentuknya Wanlut bukan merupakan saingan dari penyelenggara Pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu , tetapi bahagian kontrol dan pengawasan yang dilakukan guna memastikan terselenggaranya Pilkada di Luwu Timur apakah berjalan sudah sesuai aturan yang dilaksanakan oleh KPU maupun Bawaslu.

Yamin Aksan SH yang merupakan jebolan fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia Makassar pada lajur tiga relitsnya menjelaskan bahwa pengurus Wanlut terdiri dari pemuda, Tokoh Masyarakat dan sejumlah elemen pemerhati Pilkada yang tidak masuk sebagai Tim sukses, Parpol maupun ASN dengan keterwakilan 11 kecamatan dan 124 Desa dan tiga kelurahan yang ada di Luwu Timur.

Seluruh pengurus Wanlut nantinya akan dibekali cara metode kerja melalui Diklat yang akan diselenggarakan sesudah rapat akbar yang akan direncakan usai pertemuan perdana, kordinasi Wanlut dalam konsep kerjanya membuat laporan tertulis yang disertakan dokumentasi maupun rekaman kepada aparat penegak hukum apabila ada temuan yang dinilai cacat hukum dalam pelaksanaan tugas , Wanlut juga mengontrol penggunaan keuangan KPU dan Bawaslu. (Press relits 13 Juli 2020). Redaksi.

JANGAN LEWATKAN