Pembentukan Pengurus Kelola Swadaya Masyarkat ( KSM )Diasuli

Sinyaltajam.com,Lutim–Pagi hari ini tepatnya tgl.18/8/2020 bertempat di Aula kantor desa Asuli telah selesai dilaksanakan Pemilihan pengurus sekaligus pembentukan Tim Anggota yang akan dipilih itu sendiri berasal dari masyarakat sebagai penerima bantuan. Dari hasil pemilihan tersebut, Abd. Hamid yang terpilih jadi ketua KSM tersebut.

Adapun tugas dari ksm ini adalah :
1. Melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan dengan bantuan Tim Fasilitator Lapangan ( TFL ).

2. Mengatur pengadaan dan pengelolaan dana bahan lokal dan tenaga gotong royong yang telah disepakati sebagai pelaksana kegiatan.

Pada hakekatnya ksm adalah koperasi yang timbul di ” akar rumput ” yang menjadi instrumen masyarakat, menolong diri sendiri untuk meraih kemajuan dan peningkatan kesejahteraan.

“Sebagai ketua yang terpilih saya betul betul ingin menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, agar pemerintah yang selaku pemberi bantuan tidak bosan untuk memberikan bantuan lagi kemasyarakat desa Asuli,”ucap Abd.Hamid.

“Kami juga sempat menanyakan ke Tim Fasilitator Lapangan yaitu Pak Yohanis Tandiayu ST. beliau mengatakan, untuk tahun ini desa asuli mendapatkan bantuan Dana APBN (dana DAK) melalui Dinas PU Bidang Cipta Karya berupa bantuan Safety tank portabel sebanyak 97 unit dengan anggaran sebesar Rp.485,000,000.

Safety tank tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang belum mempunyai safety tank dengan kata lain, bantuan ini benar benar menyentuh masyarakat yang kurang mampu.

Dengan sistem kerja bantuan tersebut adalah pemberdayaan masyarakat.Pembentukan tim ksm tersebut dihadiri oleh kepala desa Asuli, anggota Bpd, perangkat desa serta toko masyarakat,.

Kepala desa asuli pak Mustaring beddu menghimbau “agar program ini dilaksanakan sebagai mana mestinya dan tepat waktu, karena itu semua adalah penilaian pemerintah terhadap desa kita,”ungkap kades.lap Ilham.

JANGAN LEWATKAN