KPU Sosialisasikan Syarat Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur

Sinyaltajam.com, Lutim-Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Luwu Timur menggelar sosialisasi peraturan KPU nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan PKPU No. 3 tahun 2017, tentang syarat calon dan pencalonan dalam pemilihan pilkada serentak 2020 tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, sosialisasi Muhammad Abu Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lutim, membacakan syarat pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 yang dihadiri para pengurus parpol pengusung.

Bahwa pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang akan mengikuti kontestan Kepala daerah pada 09 Desember akan datang harus menyertakan surat pencalonan dan kesepakatan pasangan bakal calon dengan partai politik atau gabungan partai politik formulir model (B1-KWK parpol). Kemudian menyertakan dokumen syarat calon dan surat persetujuan pasangan calon yang ditandatangani oleh pimpinan partai politik tingkat pusat, dengan (formulir model B1-KWK parpol) sebagai tiket untuk syarat mendaftar di KPU.

Ditempat yang sama Ketua KPU Kabupaten Luwu Timur Zainal, juga menjelaskan bahwa sosialisasi ini untuk diketahui kalau syarat calon dan pencalonan dalam pemilihan pilkada serentak 2020 kepada pihak tersebut.

Menurutnya“ hal ini sangat penting untuk diketahui, karena salah satu tahapan yang menentukan lanjut tidaknya proses pemilihan peserta calon kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, maka hal ini kita hadirkan masing-masing pengurus partai politik yang mengusung pasangan balon tersebut dan membahas syarat calon dan pencalonan”. ujar Zainal, Sabtu 22/08/2020 yang diselenggarakan di aula Wisma Golden Hause, desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

“Dalam sosialisasi kali ini kata Zainal bahwa syarat pencalonan harus diusung partai politik yang memperoleh paling sedikit 20% dari jumlah kursi di DPRD, dan atau 25% akumulasi suara sah dalam pemilihan (DPRD). Dan itu sebagai syarat pencalonan”, ucap Ketua KPU Zainal.

Ditanya soal (B1-KWK) pasangan Balon Bupati dan wakil Bupati, dia juga menjelaskan bahwa “B1-KWK, itu sebagai bukti SK partai politik yang sudah dikeluarkan untuk pasangan calon dan ditandatangani Ketua Umum Partai Politik pusat” imbuhnya.

Sekedar diketahui kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh ketua KPU Zainal, Kesbangpol, Bawaslu, perwakilan partai pengusung dan sejumlah media. Lap Tim.

JANGAN LEWATKAN