Kopi Bonsai Baru Pamerkan Ratusan Tanaman Bonsai di Warkop Tanah Abang Malili

LUTIM,sinyaltajam.com – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI, Komunitas Pecinta Bonsai Batara Guru (Kopi Bonsai Baru) Kabupaten Luwu Timur menggelar pameran bonsai, bertempat di halaman Warkop Tanah Abang Puncak Indah Malili, Senin (24/08).

Hasil karya 43 peserta yang memamerkan sebanyak 130 tanaman itu dibuka langsung Bupati Luwu Timur Muhammad Thoriq Husler.

Husler berharap melalui pameran bonsai ini semoga bisa lebih membangkitkan lagi pecinta bonsai terhadap tanaman bonsai. Selain itu juga, melalui pameran ini semoga bisa menambah penghasilan bagi pecinta bonsai di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Pameran bonsai ini mungkin perdana ada di Lutim, semoga kedepan melalui pameran bonsai ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Husler.

Pameran kali ini juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pengunjung dan pecinta bonsai yang hadir wajib menggunakan masker dan mencuci tangan masuk kelokasi pameran.

“Secara tidak langsung ini akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Selain untuk menyalurkan bakat dan hobi, kalau terjual tentu bisa menambah penghasilan,” kata Husler mengapresiasi pameran Bonsai tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pameran, Fadly Gani mengatakan, kegiatan pameran ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan tema “Kita Membumikan Bonsai di Bumi Batara Guru Kabupaten Luwu Timur”. Acara pameran ini berlangsung selama dua hari 24-25 Agustus 2020.

Ketua Kopi Bonsai Baru, H. Amran Syam mengatakan, tujuan pameran ini mendasari lahirnya wadah bonsai pertama di Luwu Raya ini. Menurutnya, Bumi Batara Guru ini sangat kaya akan aneka tanaman sehingga atas dasar itulah di bentuk komunitas bonsai karena melihat peluang ini.

“Wadah bonsai ini kita harapkan Luwu Timur bisa menuju pentas dunia. Aneka tanaman bonsai ini asli khas Luwu Timur dan telah diolah oleh seniman bonsai sehingga inilah hasilnya, maha karya yang luar biasa,” tambahnya.

Kedepan, kata Ketua DPRD Luwu Timur ini, Kopi Bonsai akan kembali menggelar festival Bonsai dengan skala Nasional yang rencananya akan dipusatkan di pinggir Sungai Malili sehingga menambah suasana pameran Bonsai yang lebih indah. (tim)

JANGAN LEWATKAN