Pameran Bonsai Pertama Kali Di Tanah Luwu

Sinyaltajam.com,Lutim-komunitas Pecinta Bonsai Batara Guru (KOPI BARU)menyelenggarakan festival bonsai di kabupaten Luwu timur kecamatan Malili tepatnya di depan cafe tanah abang. Yang di hadiri sejumlah kalangan pecinta bonsai dan acara tersebut di buka langsung oleh Muhammad Thoriq Husler selaku Bupati Luwu Timur.senin (24/08/2027).

Yang lebih luar biasa pameran ini pertama kali di selengarakan di tanah Luwu, yang di hadiri sejumlah kalangan dari sebelas kecematan ikut serta Hadir dalam memamerkan tanaman bonsai, acara ini berlangsung selama 2 hari.

Fadli Dani selaku ketua penyelenggara acara dan ia juga salah satu pecinta bonsai.

Acara ini bertujuan untuk mengangkat bakat, talenta, serta bertukar pengalaman dan mengeluarkan inspirasi.

Yang menarik perhatian sejumlah peminat bonsai maupun pengunjung dari sejumlah kalangan masyarakat.

Adapaun peserta terdiri dari beberapa orang yang membentuk kelompok maupun perseorangan. Tanaman bonsai yang di pamerkan meiliki dua farian jenis tumbuhan yaitu bonsai kelapa dan bonsai umum, masing-masing memiliki umur tanaman yang berbeda dari umur 1,5 tahun sampai dengan 28 tahun. Sebanyak 140 tanaman bonsai yang di lelang yang memiliki harga berkisar Rp 200.000 sampai dengan Rp 30.000.000.

Acara ini sekaligus untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang ke 75 tahun. di kutip dari filosofi tanaman. tanaman yang tidak berharga, yang di remehkan, dan tidak di pedulikan menjadi pohon yang berharga.
” Kita mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan tumbuh yang harus di lestarikan yang tadinya tanaman yang tidak berharga menjadi nilai jual yang sangat tinggi” ujar Fadli

“dengan adanya acara ini kita dapat bertukar pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dalam membentuk pohon bongsai”.

lanjut Fadli “dan adanya acara ini kita bisa mengajak minat masyarkat untuk mencintai pohon-pohon yang ada disekeliling kita”.Sarni/Fitri.

JANGAN LEWATKAN