GELIAT PETANI SAWIT LUWU TIMUR DITENGAH COVID 19 MENDAPAT APRESIASI SEMUA PIHAK

Sinyaltajam.com,Luwu Timur-Situsai Pandemi Covid-19 yang masih mendunia menjadi peluang emas bagi industri kelapa sawit untuk pengembangan berbagai produk turunan, khususnya pada industri kesehatan dan energi bio solar.

Hal ini mendorong kebijakan pemerintah pusat menggelontorkan dana hibah Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDP-KS ) kepada penerima manfaat dalam program peremajaan sawit di Luwu Timur.

KSU Agro Mandi Utama (KAMU) yang berkantor di kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur sebagai pengusul program mendorong kemajuan perkebunan kelapa sawit di Luwu Timur.

Lewat program ini peran Koperasi KAMU sangat besar bagi kemajuan sawit di Luwu Timur. Setelah melakukan pengusulan Koperasi KAMU terus bergerak membantu dan mendampingi petani sawit dalam mengelola pengusulan hingga penanaman peremajaan sawit di Luwu Timur.

Hadir dalam acara tanam perdana Peremajaan sawit rakyat Luwu Timur 27/08/2020, perwakilan dinas pertanian Kab. Luwu Timur, sekretaris Camat Mangkutana, perwakilan Danramil Mangkutana, perwakilan Polsek Mangkutana, Kepala desa Kasintuwu, ketua Apkasindo Kab. Luwu Timur, Kuasa Hukum Koperasi dan Kompol tani, pengurus Kelompok tani, PPL, tokoh masyarakat, pengurus koperasi KAMU, serta para anggota kelompok tani Sintuwu dan harapan makmur tiga.

Berkat kerja keras dan kesabaran pengurus Koperasi KAMU bersama para ketua kelompok tani dalam mengelola program peremajaan sawit akhirnya tanam perdana dapat dilaksanakan dengan baik dan sukses.

Dimana sebelumnya Koperasi KAMU banyak mendapat hambatan dan halangan dalam mendampingi dan mengelola Peremajaan sawit terhadap 8 kelompok tani sawit peserta replanting.

Tanam perdana tidak menunggu sampai covid 19 selesai. Sesuai tahapan kerja yang sudah di sepakati bersama pengurus kelompok tani, Koperasi KAMU menyalurkan bibit yang sudah di sertifikasi. Bibit unggul berkwalitas dari ppks Medan parietas Simalungun di sertifikasi dan di beri lebel sebelum di salurkan kepada petani penerima manfaat.

Pada kegiatan tanam perdana di desa Kasintuwu dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur yang di wakili oleh ketua verifikasi lahan cpcl Malesia mengakui bibit yang di salurkan Koperasi KAMU kepada petani penerima manfaat adalah bibit resmi, unggul dan berkwalitas.

“Bibit sawit yang di salurkan Koperasi KAMU kepada petani penerima manfaat yang di tanam dalam penanaman perdana ini adalah bibit yang sudah mendapat pengakuan resmi dari sumber yang resmi maupun tingkat pertumbuhannya yang layak untuk ditanam,” jelas Malesia dalam sambutannya pada penanaman perdana di kelompok tani Sintuwu dan Harapan Makmur Tiga Desa Kasintuwu Kec. Mangkutana Kab. Luwu Timur, Kamis 27 Agustus 2020.

Sementara Muhammad Alwan,SH selaku Humas Koperasi KAMU menjelaskan banyak hal terkait program peremajaan sawit di Luwu Timur. Bahwa pada awalnya KSU Agro Mandiri Utama mendapat hambatan dan kritikan selama dalam melakukan aktifitas program ini di Luwu Timur.

“Alhamdulillah meskipun diterjang ombak dan badai penanaman perdana PSR pada 8 kelompok tani barjalan lancar. Dimana tanam perdana ini kita lakukan di desa Kasintuwu pada dua kelompok tani sawit yang ada disini. Setelah tanam perdana ini penanaman akan berlanjut sampai selesai delapan kelompok tani yang menjadi mitra koperasi KAMU” ujar M.Alwan,SH.

Ketua APKASINDO Kabupaten Luwu Timur H.Haruna menyampaikan pentingnya manfaat program PSR yang sementara berproses pengelolaannya oleh Koperasi KAMU.

Haruna menjelaskan manfaat sawit sebagai energi terbarukan yang menjadi bahan bakar bio solar akan menjadi tanaman komoditi unggulan atau tanaman primadona di Kab. Luwu Timur.

“Seperti yang kita ketahui ada dua Kabupaten di Sulawesi Selatan yang menghasilkan kelapa sawit atau CPO (minyak sawit). Kalau dua daerah ini gagal dalam pengembangkan tanaman sawit rakyat maka sulawesi Selatan dianggap gagal dalam pengembangan kelapa sawit, yang akan membawa kita menjadi kemandirian energi dimasa datang,” ujar Haruna.

Kepala Desa Kasintuwu Petrus Frans berharap dengan dimulainya penanaman perdana program PSR di Luwu Timur akan menjadi langkah awal bagi kelompok tani sintuwu dan kelompok tani harapan makmur tiga menjadi kelompok tani mandiri dan sejahtera.

“Tentunya lewat kemitraan Kelompok bersama Koperasi KAMU juga merupakan bagian untuk mendorong petani sawit di Desa Kasintuwu. Kami berharap petani lebih bergairah dalam mengembangkan, merawat maupun memelihara tanaman kelapa sawitnya,” kunci Petrus.

Laporan Humas.

JANGAN LEWATKAN