IBAS-RIO Diberi Waktu Hingga Akhir September, Husler-Budiman Kokoh Dipuncak Nomor Urut 1

LUTIM, SINYAL TAJAM.COM – Deadline pendaftaran bagi balon wabup dan cawabup yang belum mendaftar diberi batas waktu 20 hari terhitung saat memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan.

Penegasan itu disampaikan Ketua KPU Luwu Timur, Zainal, usai menggelar pleno penetapan cabup dan cawabup, Rabu kemarin. ” ya sesuai aturan pasangan bakal calon kepala daerah yang belum ditetapkan, masih diberikan waktu maksimal 20 hari setelah jadwal pemeriksaan kesehatan,” ungkapnya.

Dikatakan, sesuai informasi yang diterima pihaknya, balon Irwan Bachri Syam – A. Rio Pattiwiri Hatta (IBAS-RIO) rencananya melakukan pemeriksaan kesehatan pada 25 dan 26 September. Sehari setelahnya atau sekitar pada 27 September penyerahan hasil. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dokumen secara menyeluruh.

“Kita akan umumkan hasil verifikasi balon itu. Kalau Ada kekurangan maka diberi waktu 3 hari untuk masa perbaikan. Intinya kami tetap membuat jadwal kembali bagi balon yang terlambat atau mengalami kendala pada proses tahap awal,” jelas Zainal.

Sementara pada Pleno penetapan calon bupati dan calon wakil bupati Luwu Timur yang di gelar KPU setempat, Rabu (23/9/2020) lalu. Hanya satu calon yang ditetapkan yaitu Muhammad Thorig Husler-Budiman.

Karena hanya satu pasangan calon saja yang ditetapkan, maka sesuai aturan otomatis tidak ada pencabutan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Dengan begitu, Husler – Budiman ditetapkan sebagai pasangan Cabup dan Cawbup Luwu Timur bernomor urut 1 dengan berpedoman pada Surat Edaran KPU No 788.

Sekedar diketahui, IBAS-RIO mantap menantang Husler-Budiman setelah mendapat rekomendasi dari dua partai pengusung yakni Nasdem 4 kursi dan Demokrat 2 kursi.

Sedangkan Husler-Budiman mampu meraih dukungan maksimal dari 8 partai pengusung dengan membukukan 24 kursi masing-masing Golkar 7 kursi, Gerindra 4 kursi, PAN 4 kursi, PDIP 3 kursi, Hanura 3 kursi, PKB, PKS dan PBB masing-masing satu kursi.

Sementara jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Luwu Timur yang menjadi fokus perhatian pasangan cabup dan cawabup untuk meraih simpati sebanyak 201.765. Jumlah pemilih laki-laki 103.437, sedangkan perempuan 98.328 dari 127 desa/kelurahan dan 538 TPS. (fik/st/*)

JANGAN LEWATKAN