Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Tambah 6 Gate Jadi 12 Gate

SULSEL,SINYALTAJAM.com – Gubernur Sulawesi Selatan Prof. HM. Nurdin Abdullah melakukan kunjungan ke Bandar Udara Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar (SHIAM) Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (28/09/2020).

Dalam kunjungan tersebut, mantan Bupati Bantaeng 2008 – 2018 ini melihat langsung pengerjaan perluasan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar didampingi General Manager PT Angkasa Pura I Wahyudi, Kepala Kantor Otoritas Wilayah V Bandara Makassar Baitul Ikhwan, Deputi Project Manager PT Wika, Agung Budiarto.

“Ya kita berharap semoga Bandara Sultan Hasanuddin (Sulhas) menjadi bandara terpadat setelah Bandara Soekarno-Hatta, dan kita patut berbangga sebagai warga Sulsel, Angkasa Pura masih melakukan pengembangan bandara,” kata Gubernur berlatar Guru Besar ini saat melakukan peninjauan di Bandara Sulhas.

Selengkapnya Prof Nurdin berharap, setelah menyaksikan langsung progres pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar selanjutnya akan terbuka konektivitas penerbangan, khususnya pengembangan wisawatan mancanegara.

“Mudah-mudahan setelah ini, semakin banyak jalur internasional yang kita tuju, dan berdampak ke wisatawan mancanegara, apalagi akses Makassar – Toraja sudah bisa, kita berdoa semoga pembangunan Bandara Sulhas segera rampung, supaya bisa kita manfaatkan,” ujar Gub NA (akronim Nurdin Abdullah).

Wajah bandar udara kebanggaan warga Sulawesi Selatan ini mengalami banyak perubahan. Mulai dari desain atap mengikuti pola ombak dimana Sulawesi memiliki terdiri dari banyak kepulauan. Untuk ornamen dan hiasan tambahan lainnya, mengikuti motif ala Sulawesi Selatan, seperti motif Toraja, juga ornamen kayu bermotif kapal Pinisi.

“Kenapa atap berbentuk ombak, karena Sulawesi Selatan pada umumnya, dan Makassar pada khususnya kental dengan lautan, dan ornamen kita corak khas Sulawesi Selatan, Toraja dan kapal Pinisi,” terang Deputi Project Manager PT WIKA, Agung Budiarto.

Bahkan Gate (akses dari dan ke maskapai) yang dulunya hanya ada empat kini bertambah menjadi dua belas Gate. “Sekarang ada 6 Gate, InsyaAllah nanti bertambah 6 Gate lagi menjadi 12 Gate. Jika tak ada halangan Oktober 2021 pembangunan sudah rampung dan dapat digunakan,” kata GM PT Angkasa Pura I Wahyudi.

Kelak pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan total anggaran yang hampir 2.7 Triliun ini rampung, akan menampung lima belas juta penumpang per tahun, itu dua kali lipat dari jumlah kapasitas bandara saat ini, untuk terminal baur sendiri progresnya mencapai 55.71 persen,” tutupnya. (*/tim)

JANGAN LEWATKAN