Peningkatan luran Dan Keberpungsian Sarana Pamsimas

LUTIM SINYALTAJAM.COM-Salah satu cara yang harus di lakukan Assosiasi kabupaten Lutim untuk meningkatkan kapasitas program pamsimas bagi Desa yang sudah berjalan, adalah melakukan pertemuan dan pelatihan KP SPAMS, seperti yang di lakukan hari ini di kantor Desa Tarengge Timur, selasa 13/10/2020.

Pelatihan ini di pimpin langsung oleh ketua Assosiasi kabupaten luwu timur, M Nasir, dan di hadiri langsung CODC kabupaten Andi Aswan ,kepala Desa Tarengge timur Desius Rante Tanah pengurus KP SPAMS dan fasilitator lainnya.

Dalam pelatihan ini, M. Nasir mengatakan bahwa tujuan dari pada pelatihan ini tak lain adalah bagaimana agar sarana spams yang telah di bangun oleh pemerintah bisa berjalan dengan baik dan bisa berkelanjutan sehingga bisa di manpaatkan oleh masyarakat,”ucapnya.

Begitu pula dengan ungkapan Andi Aswan selaku Co DC senior di Lutim ini bahawa tujuan dari pada iyuran itu adalah untuk, Biaya oprasianal, pemeliharaan, dan pemulihan sarana, agar saranah yang sudah ada bisa bekelanjutan, untuk itu saya minta agar setiap Desa yang sudah bepungsi agar segerah ber Iyuran, dan juga saya minta agar kepada kepala Desa agar bekerja sama dengan kp spams, dengan cara pemdes harus membuatkan SK kepengurusan kp spams, dan membuat peraturan Desa, PERDES.

“Air itu sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari lahir sampai mati kita pun masih butuh air, jadi untuk itu mari kita rawat ini saranah yang sudah ada, karena pemerintah itu sudah memberikan bantuan tapi yang merewat adalah kita,”pungkas Aswan.

Begitu juga yang di ungkapkan kepala Desa tarengge Timur, Desiuas Rante Tanah, “ kami pemerintah Desa Tarengge timur mengucapkan trimakasih kepada pemerintah Pusat yang bekerja sama dengan pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan program ini termasuk di Desa kami ini, kalau saya ingat dulu sewaktu belum ada progaram ini kami sangat susah untuk mendapatkan air bersih, tapi setelah ada kami sangat terbantu,”tuturnya. Lap Masding.

JANGAN LEWATKAN