Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Sumber Alam Bagikan 1000 Bibit Pohon Alpukat

LUTIM,SINYALTAJAM.COM-Guna meningkakan produktivitas dan ekonomi masyarakat serta meningkatkan wisata edukasi kebun bibit, Pemerintahan Desa Sumber Alam mengembangkan jenis tanaman buah Alpukat dengan cara membagikan 1000 bibit pohon alpukat sambung pucuk secara merata kepada warga.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Sumber Alam, Ruslan, pengembangan tanaman buah Alpukat ini juga sebagai sarana menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat desa.

“Upaya ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat. Dengan pertimbangan itu maka kami programkan pembagian 1.000 bibit pohon Alpukat kepada warga desa secara merata,” ungkap Sekdes, Rabu (14/10/2020) kepada crew sinyaltajam.com

Dikatakan, bibit Alpokat sambung pucuk tersebut tidak butuh waktu lama karena merupakan bibit unggul. Hanya butuh dua tahun lebih sudah berbuah dan dinikmati hasilnya oleh masyarakat.

Untuk pembagian bibit ini, lanjut Ruslan, ada sekitar 230 Kepala Keluarga (KK) penerima bibit alpukat untuk ditanam di lahan masyarakat. “Ini bibit Alpukat unggul dan cepat berbuah. Sesuai pengakuan penanangkar bibitnya, cuma butuh sekitar 2 tahun tanaman ini sudah berbuah,,”ujarnya.

Sebagai Pemerintah Desa, pihaknya berharap kepada masyarakat penerima bantuan bibit Alpukat, agar ditanam dan dirawat sebaik mungkin. Dengan begitu, kedepqn dapat menambah ekonomi keluarga dan masyarakat secara umum.

Sekdes menambahkan, terkait anggaran pengadaan bibit Alpukat diambil atau alokasikan melalui Dana Desa. Ini bertujuan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga sebagai sarana menjaga ekosistem alam udara segar yang masih alami. (HR/MR/ST)

JANGAN LEWATKAN