Utusan Khusus Pemerintah Amerika Kunjungi Masjid Istiqlal

Jakarta, SINYALTAJAM.COM – Delegasi utusan khusus Pemerintah Donald Trump melakukan kunjungan persahabatan ke Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Oktober 2020. Pada kunjungan tersebut, delegasi Amerika Serikat ini diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

Kunjungan dan pertemuan yang mengusung tema ‘Bilateral Dialog US State Goverment-US Embassy with BPMI Masjid Istiqlal’ ini berlangsung pada pukul 13.30 – 14.30 wib.” Delegasi Amerika dipimpin oleh Prof. Mary Ann Glendon, Ketua Komisi Hak Asasi Manusia Amerika Serikat. Selain Prof. Mary, ikut dalam rombongan ini para staf pemerintah Amerika, antara lain Mr. F. Cartwright Weiland, Greg Bauer, Aang Abu Bakar, dan Aurelia Augustine.

Sementara itu, dari pihak Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), selain Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Nasaruddin Umar, juga hadir para pejabat dan staf BPMI, antara lain H.M Faried Saenong, MA, M.Sc, Ph.D; Laksamana Pertama TNI (Pur) Asep Saepudin; Rosita Tandos, MA, MComDev, Ph.D; Irjen Pol (Purn) Dr. H. M Said Saile, M.Si; dan Mulyono Lodji. Selain itu, terlihat juga hadir dalam acara yang berlangsung di Ruang VIP Masjid Istiqlal, Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat permohonan audiensi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia kepada Imam Besar Masjid Istiqlal, pertemuan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antar kedua pihak dan membangun saling pengertian antara masyarakat kedua negara. Dalam pertemuan yang sangat akrab dan penuh persahabatan itu, kedua belah pihak saling memperkenalkan kondisi kehidupan keagamaan, pembinaan ummat, dan toleransi antar pemeluk agama di negara masing-masing.

“They would like to visit Istiqlal Mosque and meet you to discuss Indonesian Islam and how Indonesia maintains religious freedom and tolerance.” Demikian isi surat permohonan audiensi dari Kedubes Amerika Serikat ke Imam Besar Masjid Istiqlal yang kemudian terlihat dalam dialog interaktif antar kedua pihak pada Selasa siang lalu itu.

Kunjungan dan pertemuan itu selanjutnya ditutup dengan bertukar cenderamata dan foto bersama. (MYL/Red)

JANGAN LEWATKAN