Fokus Pemberdayaan Perempuan, Hamzah-Murniyati Sisir Kecamatan Herlang

SINYALTAJAM.com,BULUKUMBA – Populasi pemilih perempuan di Kabupaten Bulukumba yang cukup besar dan mendominasi dalam DPT untuk tahun 2020, menjadi sasaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bulukumba nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking.

Terbukti dalam setiap kampanye dialogis tatap muka di 136 desa/ kelurahan yang telah menyasar sekira 400 titik Kampanye, didominasi kalangan perempuan atau lazim disebut “emak-emak”, sebagaimana halnya pada kesempatan bersilaturahmi di Kecamatan Herlang, Rabu (04/11).

Andi Hamzah Pangki, satu-satunya Paslon yang menggandeng perempuan sebagai wakilnya yakni Hj. Andi Murniyati Makking ini bahkan menempatkan perempuan dalam posisi yang strategis dalam setiap program pembangunan nantinya.

“Peran perempuan sangat penting. Karena berdasarkan data statistik jumlah penduduk perempuan (Kabupaten Bulukumba, red) lebih banyak,” ucapnya.

” Salah satu program unggulan HM21 untuk pemberdayaan perempuan yakni pemberian bantuan kepada ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan (Home Industry) senilai Rp 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah),” ucap Cabup Hamzah Pangki.

Ketua DPRD Bulukumba periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini menjabarkan dengan kehadiran Andi Murniyati Makking sebagai keterwakilan perempuan akan turun langsung ke masyarakat mendampingi ibu-ibu baik dalam pelatihan dan pengembangan kewirausahaan.

” Pemerintahan HM21 akan membentuk kelompok usaha ibu-ibu hingga tingkat kecamatan, sementara usaha ibu-ibu yang telah berjalan kita dorong untuk besar agar memberi manfaat bagi tetangganya,” ucapnya.

Sementara itu, Cawabup Andi Murniyati Makking mengatakan perempuan merupakan potensi dari sebuah daerah secara umum.

” Peran perempuan harus dikelola dengan baik, karena menentukan kondisi sebuah daerah. Begitu juga di Kabupaten Bulukumba. Kemajuan daerah bergantung dari bagaimana peran perempuan di dalamnya,” ungkap perempuan yang akrab disapa dengan panggilan Bu Aji ini.

Untuk merealisasikan salah satu fokus utamanya, Murniyati Makking menjelaskan, jika nantinya dia terpilih bersama Andi Hamzah Pangki dapat memimpin Kabupaten Bulukumba, pemberdayaan perempuan jangkauannya merata di seluruh wilayah. Mulai dusun, desa, kecamatan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Pelatihan bagi perempuan, kesempatan mereka berwirausaha perlu kita dorong. Karena itu, Paslon HM21 berkomitmen akan menghadirkan Musrenbang Perempuan jika diamanahi rakyat sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah,karena selama ini Musrenbang Perempuan tidak pernah dilakukan secara maksimal” terang Ketua Demokrat Bulukumba ini.

Tidak hanya sebagai bentuk formalitas saja, harapannya dalam Musrenbang Perempuan tersebut, ide-ide dari perempuam-perempuan progresif yang ada di Kabupaten Bulukumba dapat tersalurkan dan terakomodir dengan baik. Dengan di akomodirnya kepentingan para perempuan akan lebih meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang juga mampu membantu pergerakan roda perekonomian terkecil di tingkat keluarga melalui permodalan usaha dan koperasi.

“Perempuan harus bangkit. Karena salah satu visi Bulukumba Bangkit adalah menjadikan perempuan mandiri dan sejahtera, Laki-laki Tusuk Perempuan, Perempuan Pilih nomor satu,” tandasnya.

Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking sendiri merupakan salah satu pasangan Cabup dan Cawabup yang akan meramaikan kontestasi politik di Pilbup Bulukumba 2020.

Diusung oleh koalisi partai Golkar-Demokrat-Hanura, keduanya dikenal sebagai sosok yang merakyat,cerdas dan berprestasi.

JANGAN LEWATKAN