Meningkatkan Kapasitas Lembaga BPD,DPMD Lutim Gelar Sekolah Desa

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa,Kadis PMD Luwu Timur laksanakan Sekolah Desa yang bertempat di Lanmark belakang kantor Bupati.Senin 16 November 2020.

Kegiatan ini di buka oleh sekertaris DPMD Erwin ST. dan digelar dengan mengundang 3 anggota BPD perwakilan dari tiap desa se-Kecamatan Malili dengan menghadirkan pemateri yang ahli dan khusus bertugas di Kabupaten Luwu Timur.

Yusdanial TA.PED, Andi Candra TA.TTG, Siti Rahmatiah TA.PPD, dan Ziada TA.PSD.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan sekolah Desa ini menurut Basondeng Abbas Kabid Pemberdayaan,”Mengingat bahwa untuk kesesuaian tupoksi kami kedepan bahwa bagaimana upaya kita dalam rangka meningkatkan kelembagaan yang ada ditingkat desa utamanya upaya atau partisipasinya dalam kegiatan pemerintahan di Desa itu sendiri.”Jelas Kabid PMD.

Masih kata Basondeng,”Melihat dari perjalanan yang sudah kita lakukan bersama dalam melaksanakan tupoksi kita masing masing terkhusus kepada bapak/ibu BPD tiada henti hentinya kami di Dinas selaku pembina dalam hal ini bagaimana upaya kita dalam meningkatkan kinerja atau minimal partisipasi dan tahapan yang menjadi tupoksi kita didesa itu terkhusus lembaga dalam hal ini BPD itu bisa terlaksana dengan baik,”Ucapnya.

Basondeng Abbas kembali menuturkan,
“Kalau kita ingat apa yang sudah kita lakukan bersama pada saat pelatihan yang lalu,baik itu di Sikumbang atau di Makassar,kita amati tentu kita tahu bahwa tahapan atau siklus daripada kegiatan BPD ini kalau kita mengevaluasi masih sebahagian kecil yang melakukan pola atau pembahasan secara detail daripada rancangan yang ada di APBDes,”.

“Dan disinilah harapan kami terkhusus kepada BPD di Kabupaten Luwu Timur ini dengan adanya Sekolah Desa ini, kami punya rencana jangka pendek yang kita lakukan pada hari ini,dan bagaimana jangka menengahnya kedepan,bagaimana inisiatif dan pertisipasi dari Desa, yang bisa melakukan sekolah desa seperti ini,”Tuturnya.

Kemudian Kabid Baso menambahkan,
“Bahwa berdasarkan tahapan yang ada,rencana kerja tahunan di desa,bisa saja sekali sebulan itu
inisiatif daripada bapak ibu BPD disetiap desa apakah digabung nanti tiga desa untuk bisa laksanakan sekolah desa yang ada diLuwu Timur ini.”Tambahnya

“Jadi untuk sementara ini, terkhusus untuk Kec.Malili kami mencoba bagaimana supaya ada wadah yang dilakukan dan ditingkat nantinya. Tentunya mungkin bisa dilibatkan ketingkat Kecamatan atau Kabupaten dalam mendiskusikan regulasi atau tahapan-tahapan kegiatan dalam rencana kegiatan Tahunan,” Tutup Basondeng.
Lap.Hr/Ks.

JANGAN LEWATKAN