KPU Lutim Sukses Gelar Debat Publik Pilkada 2020

Malili, SINYALTAJAM.COM – Komisi Pemilhan Umum Kabupaten Luwu Timur sukses menggelar Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020. Stasiun televisi Kompas TV menayangkan Debat tersebut secara langsung, pada Selasa (24/11) pukul 15.00 – 17.00 WITA.

Kegiatan tersebut, diselenggarakan di Four Points by Sheraton Makassar, Jl. Andi Djemma No.130, Banta-Bantaeng, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dihadiri oleh Bawaslu Luwu Timur, Forkopimda Luwu Timur, Panelis Serta tim pemenangan masing-masing pasangan calon.

Debat kali ini mengambil tema Pemerataan Pembangunan Yang Berkeadilan Dan Berlandaskan Kearifan Lokal.

Zainal, selaku ketua KPU Kabupaten Luwu Timur dalam sambutannya menyebutkan, jika Debat merupakan proposal bagi pemilih memperoleh informasi dari pasangan calon mengenai visi misi dan program kerja lima tahun kedepan.

“Debat merupakan salah satu kegiatan Kampanye yang difasilitasi oleh KPU, karena melalui tahapan ini, pemilih diajak mengenal dan memahami lebih jauh program, visi dan misi pasangan calon yang bakal berkompetisi dalam Pilkada 9 Desember mendatang” sebut Zainal.

Selain itu, Zainal juga mengajak kepada warga Luwu Timur untuk datang ke TPS tanggal 9 Desember mendatang, dengan menerapkan protokol Kesehatan pencegehan penularan Covid-19 yang ketat.

Dalam acara tersebut, dilakukan debat secara terbuka oleh masing-masing pasangan calon selama 90 menit yang dibagi kedalam 6 segmen.

Segmen pertama pemaparan visi misi, Segmen kedua pendalaman visi-misi, Segmen ketiga menjawab 10 pertanyaan dari panelis, Segmen keempat dan kelima masing-masing pasangan calon dan wakilnya bertanya kepada pasangan calon lain, Segmen keenam merupakan closing statement.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan debat diterapkan prosedur pencegahan penanganan Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dilakukan pengecekan suhu tubuh serta mencuci tangan. Selain itu jalannya debat turut dikawal petugas Polisi dan TNI.(*)

JANGAN LEWATKAN