Didominasi Kaum Perempuan, FKUB Lutim Gelar Pertemuan Lintas Agama Jelang Pilkada

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – Guna tetap mengedepankan dan merawat kerukunan dalam kehidupan beragama berbangsa dan bernegara Jelang pesta demokrasi pilkada 9 Desember 2020, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Luwu Timur menggelar pertemuan lintas agama dipusatkan di Aula Dinas Pendidikan, Rabu (2/12 /2020 ).

Ketua FKUB Lutim, Ardiasbara menyebutkan, tokoh yang hadir dalam kegiatan kali ini didominasi kaum perempuan. Upaya tersebut dilakukan dengan pertimbangan kalau selama ini organisasi kewanitaan lintas agama di daerah berjuluk Bumi Batara Guru ini jarang didengarkan aspirasinya.

”Pertemuan ini merupakan kali pertama dengan agenda mempertemukan berbagai ormas wanita lintas agama mupun organisasi non agama dalam satu wadah,” ujarnya.

Tentunya kegiatan ini, kata dia, sangat positif karena diharapkan dapat mewujudkan sikap toleransi, saling menguatkan demi terwujudnya nilai persatuan di daerah ini.

Lewat pertemuan ini pula, lanjutnya, Pemkab Lutim bisa memperoleh update data terbaru terkait jumlah organisasi kewanitaan lintas agama. Sebab boleh jadi ada organisasi perempuan yang melaksanakan aktivitas tapi belum terdaftar secara resmi di pemerintah.

“Melalui kegiatan ini juga, pelaksanaan Pilkada yang tersisa satu pekan lagi dapat berjalan lancar, aman, damai tanpa gesekan dimasyarakat. Makanya FKUB merasa perlu terlibat untuk mewujudkan situasi kondusif,” katanya.

Ardiasbara menambahkan, pemimpin Luwu Timur yang terpilih nantinya pada hasil Pilkada adalah kewenangan dan otoritas Tuhan yang maha kuasa. Sedangkan manusia hanyalah ihtiar.

“Tapi yang tidak kalah penting adalah Kedewasaan setiap orang dalam menghadapi setiap peristiwa politik. Sekali lagi, diperlukan kedewasaan berfikir ayat cara pandang dalam menyikapi setiap problematika,” tandasnya. (mr/st)

JANGAN LEWATKAN