Hasil Rekapitulasi KPUD Tuntas, Husler – Budiman Menangi Pilkada Luwu Timur

LUTIM, SINYALTAJAM.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur telah merampungkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dalam Pilkada Kabupaten Luwu Timur 2020, Kamis (17/12/2020). Dari proses itu, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Muhammad Thorig Husler dan Budiman Hakim unggul dari pasangan calon Paslon nomor urut 2 Irwan Bachri Syam dan Andi Rio Pattiwiri.

Husler – Budiman memperoleh 86.351 suara. Hasil paslon nomor uruut 1 itu mengungguli pasangan nomor urut 2, Ibas – Rio yang perolehan 77. 228 suara.

Adapun jumlah suara sah dalam penghitungan suara tingkat Kabupaten Luwu Timur berjumlah 163.579 dan suara tidak sah 1.245. Sedangkan jumlah pengguna hak pilih sebanyak 164.824. Sementara jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Lutim berjumlah 201.786 pemilih.

Penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Luwu Timur tersebut telah dituangkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Luwu Timur nomor 040/PL.02.6-Pu/7324/KPU-Kab/XII/2020 yang ditandatangani Ketua KPU Kabupaten Lutim, Zainal.

Kegiatan rapat pleno sendiri dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Luwu Timur. Dalam rapat pleno tersebut, turut hadir komisioner KPU, komisioner Bawaslu, saksi dari kedua paslon, dan PPK se-Kabupaten Luwu Timur.

Zainal menjelaskan, setelah dibuat berita acara rekapitulasi, pihaknya memberikan waktu 3 x 24 jam kepada paslon untuk menyampaikan masa sanggah.

Jika sampai batas waktu ditentukan tidak ada sanggahan dari paslon lain, KPU akan melanjutkan ke tahap penetapan bupati dan wakil bupati terpilih. “Setelah ini ada waktu 3×24 jam untuk melakukan masa sanggah. Tapi jika tidak, maka tinggal penetapan bupati dan wabup terpilih,” katanya.

Rapat pleno terbuka Rekapitulasi dan Penetapan hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur tahun 2020 berlangsung selama dua hari mulai hari Rabu 16 Desember hingga Kamis 17 Desember 2020.

Hanya saja, saat dilakukan penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi dan Penetapan hasil Penghitungan Suara, saksi pasangan calon (Paslon) momor urut 2 menolak untuk menandatangani berita acara namun menyetujui hasil rekapitulasi suara.

Thoriq Husler – Budiman Hakim merupakan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung delapan parpol yakni, Partai Golkar, Gerindra, PKS, PDI Perjuangan, PKB Hanura dan PBB.PAN Sedangkan Irwan Bachri Syam – Andi Rio Pattiwiri selaku penantang diusung dua partai yaitu Nasdem dan Demokrat. (mr/st)

JANGAN LEWATKAN